nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Almarhum BJ Habibie di Mata Jokowi, Sejak Muda Sudah Jadi Tokoh Visioner

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 14:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103988 -EAzA3iqxrm.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bersama BJ Habibie Semasa Hidup (foto: Twitter/@jokowi)

JAKARTA - Indonesia kehilangan salah satu putra terbaik bangsa, Bachruddin Jusuf (BJ) Habibie yang menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu 11 September 2019 saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Presiden Ke-3 RI tersebut meninggal dunia karena penyakit jantung.

Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menilai jikan BJ Habibi merupakan tokoh visioner sejak masih muda.

Baca Juga: BJ Habibie Dimakamkan, Kembali Bersanding dengan Ainun

Jenazah Almarhum BJ Habibie Tiba di Rumah Duka

"Almarhum lahir di Parepare, terlihat dari kisah perjalanan beliau, sejak muda sudah jadi tokoh visioner, di masa muda tidak hanya mikirkan diri sendiri, tapi sudah mikirkan tentang bangsa, tidak hanya berpikir tentang Indonesia untuk 1 atau 2 tahun mendatang, tapi sudah berfikir membangun Indonesia 100 tahun ke depan, untuk bisa Indonesia lepas landas jadi Indonesia maju," kata Presiden Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). 

Jokowi menambahkan, dari visi BJ Habibie lahir industri strategis berbasis riset, yakni pesawat Gatot Kaca yang mengudara saat peringatan 50 tahun HUT RI. 

"Hal ini menginspirasi untuk percaya diri, anak muda untuk belajar, agar Indonesia berdiri sejajar dengan bangsa lain di dunia," sambung Presiden Jokowi.

Dia juga menyinggung soal peran almarhum BJ Habibie saat menjadi Presiden Indonesia. "Kita juga tidak pernah lupa beliau pernah menjadi Presiden, yang dengan cepat menempatkan pondasi di Indonesia yang sekarang kita rasakan," ucap Presiden Jokowi.

Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie telah dimakamkan pada Pukul 14.00 WIB. Kini Habibie kembali bersanding dengan almarhumah istrinya, Ainun di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Jenazah BJ Habibie Tiba di TMP Kalibata, Upacara Pemakaman Dimulai

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini