nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Pendidikan, BJ Habibie Pernah Berpesan Agar Orang Tua Lebih Berperan

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103981 soal-pendidikan-bj-habibie-pernah-berpesan-agar-orang-tua-lebih-berperan-iFvxxNfBGa.jpg BJ Habibie (Foto: Wikipedia Commons)

BANDUNG - Duka mendalam atas meninggalnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie sangat dirasakan para staf pengajar dan anak didik SD El Fitra. Sebab, sekolah tersebut diresmikan langsung pada Juni 2019 oleh BJ Habibie.

"Kami merasa sangat kehilangan. Bapak jadi kebanggaan kami semua di sini," ujar Humas SD El Fitra, Yayah Nurhidayah, saat ditemui, Kamis (12/9/2019).

Yayah mengungkap, Habibie sengaja diminta untuk meresmikan sekolah yang banyak didominasi oleh anak yatim dan dhuafa tersebut karena sosok Habibie dianggap dapat memberikan spirit untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

(Foto: Okezone.com/Bram)

Pesan Habibie saat meresmikan sekolah tersebut, ia menitip para orang tua untuk lebih berperan dalam pendidikan. Kata Habibie kala itu, orang tua sebagai guru pertama anak harus tetap mendampingi anak dalam pembelajaran baik di dalam maupun di luar sekolah.

"Untuk itu yayasan kumpulkan orang tua dan pihak sekolah, kepala sekolah, guru-gurunya untuk mempelajari bagaimana anak-anak berbakat di sekolah ini," kata Habibie, saat peresmian lalu, ditirukan Yayah.

Habibie menganalogikan anak adalah perangkat keras yang siap menerima berbagai macam asupan. Nantinya, anak bisa memproses asupan tersebut dalam perangkat lunak dengan dukungan dari orang tua dan pengajar.

Baca Juga : BJ Habibie Dimakamkan, Kembali Bersanding dengan Ainun

Baca Juga : Emil Dardak Diminta Jaga Rahasia Tentang Sakitnya BJ Habibie

"Sekolah memiliki tugasnya untuk mengembangkan kualitas hidup manusia. Tentunya harus ada peran orang tua. Agar sumber daya manusia bisa siap menghadapi tidak hanya di lingkungan sekitar tapi juga di seluruh dunia," kata Yahya menirukan pesan Habibie.

Sebagai bentuk rasa hormat dan untuk sampaikan belasungkawa, ratusan siswa menggelar doa bersama setelah sebelumnya melakukan Salat berjamaah, untuk mendoakan Bapak Teknologi Indonesia tersebut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini