nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BJ Habibie Dimakamkan, Kembali Bersanding dengan Ainun

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103969 bj-habibie-dimakamkan-kembali-bersanding-dengan-ainun-rZnBtPcE0y.jpg

JAKARTA - Presiden ketiga RI, BJ Habibie telah dimakamkan pada Pukul 14.00 WIB, Kamis (12/9/2019). Kini Habibie kembali bersanding dengan almarhumah istrinya, Ainun di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Sebelum proses pemakaman, terlebih dahulu dibacakan prestasi, jabatan dan bintang jasa yang diterima 'Bapak Teknologi Indonesia' itu semasa hidupnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Inspektur Upacara secara resmi melepas BJ Habibie. "Atas nama negara, bangsa dan TNI, dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum, nama Prof. DR. KH BJ Habibie, jabatan, Presiden Ketiga RI, putera dari Bapak Alwi Abdul Jalil Habibie almarhum, yang telah meninggal dunia demi keluhuran Bangsa dan Negara, pada Rabu 11 September 2019, Pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Subroto karena sakit"

"Semoga jalan Dharma Bakti yang ditempuh dapat jadi suri tauladan bagi semua, dan arwahnya dapat tempat semestinya di alam baka," ucap Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Habibie dan Ainun.

Setelahnya, tembakan dari anggota TNI menandai prosesi pemakaman, yang dilanjutkan dengan lagu 'Gugur Bunga'. Anggota keluarga kemudian mendekat ke liang untuk menaburkan bunga.

Selanjutnya, Jokowi secara simbolis meletakkan tanah ke dalam liang lahat, dilanjutkan oleh putra pertama Habibie, Ilham Akbar.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini