nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenazah BJ Habibie Tiba di TMP Kalibata, Upacara Pemakaman Dimulai

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 13:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103952 jenazah-bj-habibie-tiba-di-tmp-kalibata-upacara-pemakaman-dimulai-I3INixHI5f.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Jenazah BJ Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekira pukul 13.31 WIB. Peti jenazah berbalut bendera merah putih itu langsung disambut Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet.

Pantauan Okezone di lokasi, Kamis (12/9/2019). Jenazah presiden ke-3 RI itu langsung dibawa ke lokasi pemakaman oleh enam orang prajurit untuk dimakamkan di sebelah makam istri tercinta Hasri Ainun Besari. Presiden Jokowi pun langsung memulai upacara pemakaman.

Perlu diketahui, sejumlah tokoh sudah berada di TMP Kalibata, seperti Wapres RI Jusuf Kalla, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersiap menyambut jenazah BJ Habibie.

Diketahui sebelumnya, Presiden ketiga RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019), setelah menjalani perawatan intensif selama 10 hari karena sakit.

Habibie dilaporkan mengembuskan napas terakhir sekira pukul 18.05 WIB. Habibie dikabarkan sempat kritis sebelum dipastikan meninggal dunia.

Jenazah BJ Habibie rencananya akan dibawa ke Rumah Patra Kuningan, Jakarta Selatan setelah dari RSPAD Gatot Soebroto. Dan akan dimakamkan besok di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Pria alumnus Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman ini dikenal sebagai Bapak Teknologi. Habibie sendiri menikah dengan Hasri Ainun Besari dan dikaruniai dua orang putra yang diberi nama Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini