nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Tangkap Pentolan KNBP Mimika Terkait Kerusuhan di Papua

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 13:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103944 polri-tangkap-pentolan-knbp-mimika-terkait-kerusuhan-di-papua-obRJpQeJKq.jpg Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo (foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor yang diduga menggerakan massa untuk membuat kerusuhan di Papua beberapa waktu lalu.

Karo Penmas Div Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pelaku yang ditangkap adalah Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay.

"Ya betull. Saat ini pelaku sedang didalami perannya dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa wilayah di Papua," katanya kepada wartawan, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, Steven Italy memiliki hubungan dengan salah satu tokoh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda.

"Yang bersangkutan diduga terkoneksi denngan Benny Wenda (ULMWP)," tutupnya.

 Baca juga: Jokowi Akan Bangun Istana di Papua, Nasdem: Ide yang Sangat Menarik

Untuk diketahui, SI ditangkap polisi pada Rabu sore kemarin 11 September. Sekira pukul.17.57 WIT di Gerbang Uncen Papua. Ditangan SI, polisi mengaman sejumlah barang bukti berupa 4 handphone, uang tunai Rp. 5,5 jt, 1 flash disk, dan 1 mobil yg digunakan tersangka.

Bersadasarkan catatan, SI memiliki sepak terjang kasus makar, bahkan SI sempat dipenjara pada tahu 2012 dengan kasus Handak & Makar. Kemudian pada tahun 2016 terlibat. SI kembali terlibat dalam kasus yang sama. Akhirnya SI harus kembali mendekam dipenjara selama 8 bulan. Yang teranyar, SI kembali melakukan upaya makar terhadap pemerintahan Indonesia.

SI memiliki peran dalam kerusuhan 29 Agt 2019 di Papua yakni membantu mengecek KNPB wilayah, mengatur pergerakan KNPB Mimika dan menginstruksikan mobilisasi massa, mengatur mobilisasi massa dari Sentani dan mengirim instruksi kepada seluruh pimpinan KNPB wilayah.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini