nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Surati DPR 2 Capim Bermasalah, Johanis Tanak & Firli Bahuri

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 11:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103881 kpk-surati-dpr-2-capim-bermasalah-johanis-tanak-firli-bahuri-cI6jSyVZwW.jpg Anggota Komisi III DPR RI, Desmond (foto: Okezone.com/Arie)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata telah mengirimkan surat ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), terkait dua Calon pimpinan (Capim) lembaga antirasuah yang diduga bermasalah. Dua capim tersebut yakni, Johanis Tanak dan Firli Bahuri.

"Dua orang (diduga bermasalah). Pimpinan KPK mengirim surat ke DPR, satu Firli dianggap bermasalah, satu lagi Jaksa Johanis Tanak, sudah sampai ke kami (suratnya)‎," kata Anggota Komisi III DPR, Desmond J Mahesa di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2019).

Menurut Desmond, apa yang disampaikan KPK melalui konferensi pers kemarin, terkait dugaan pelanggaran berat Firli sudah diketahui oleh DPR. Namun, Desmond merasa aneh dengan konferensi pers terkait dugaan pelanggaran ‎etik Firli yang diumumkan ke publik pada saat fit and proper test.

 Baca juga: BJ Habibie Meninggal Dunia, Amien Rais: Indonesia Kehilangan Berlian Besar

"‎Bukan sesuatu hal yang baru. Agak aneh pimpinan KPK hari ini melakuan penyerangan di detik-detik terakhir," ucapnya.

Sekadar informasi, KPK mengumumkan dugaan pelanggaran etik berat yang dilakukan oleh mantan Deputi Penindakannya, Irjen Firli Bahuri, pada Rabu, 11 September 2019. Firli diduga melakukan pertemuan-pertemuan yang seharusnya tidak dilakukan terkait jabatannya.

 Baca juga: BJ Habibie Wafat, SBY: Saya Sungguh Kehilangan

Sementara Johanis Tanak, kata Desmond, berdasarkan surat yang diterima dari KPK, Tanak diduga bermasalah ketika menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Kalau menurut KPK, ada masalah dia ketika di Kejati Sulawesi Tengah. Tanya aja KPK. Biasanya omongan saya langsung direspon KPK kok," ujarnya.

(wal)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini