nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saut Situmorang Merespons Para Capim yang Mengkritik KPK

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 05:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103763 saut-situmorang-merespons-para-capim-yang-mengkritik-kpk-Om9uHYLHIG.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Dalam tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR, para calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melontarkan kritikan kinerja lembaga antirasuah ini.

Baca juga: KPK Sebut Eks Deputi Penindakan Diduga Lakukan Pelanggaran Berat 

Merespons hal itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menilai sikap yang ditunjukkan para capim sudah siap menjadi pimpinan. Namun, diharapkan tidak sekadar berbicara.

"Itu tandanya mereka siap jadi pemimpin di KPK. Punya konsep dan kritis. Tinggal nanti kita harap mereka belajar cepat di KPK, jadi tidak hanya baying-bayang," kata Saut ketika berbincang dengan Okezone, Kamis (12/9/2019).

Pengujian para capim KPK oleh Komisi III DPR RI. (Foto: Okezone)

Baca juga: Komisi III DPR Bakal Cecar Capim soal Keberanian Menata Internal KPK 

Saut menilai ide yang dipaparkan para capim saat fit and proper test masih normatif. Namun dia memakluminya, karena dahulu saat mengikuti pengujian di DPR juga demikian.

"Sejauh ini ide-ide mereka masih normatif. Tidak apa. Saya juga dulu gitu saat proper test. Nanti begitu hands on akan bisa move on yang utamanya integritas, yang lain Bisa di-upgrade," ujarnya.

(han)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini