nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganjar Pranowo Mengenang Tepukan Penuh Makna BJ Habibie

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 04:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103759 ganjar-pranowo-mengenang-tepukan-penuh-makna-bj-habibie-w9T1DCS1ba.jpg Ganjar Pranowo. (Foto: Okezone)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membeberkan kenangan yang sangat membekas bersama sosok presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie. Ia memang hanya beberapa kali bertemu langsung BJ Habibie, namun ada satu momen berkesan, tepatnya ketika acara PDIP beberapa waktu lalu di Ancol, Jakarta Utara.

Ganjar mengatakan saat dirinya tiba di Ancol, acara dimulai. Namun di sana sudah tampak beberapa tokoh, termasuk BJ Habibie. Sebelum menyalami satu per satu tokoh, tiba-tiba Ganjar dihampiri oleh suami dari Hasri Ainun itu.

Baca juga: Khofifah Sebut BJ Habibie Sosok Romantis dan Penuh Cinta 

"Tiba-tiba ada yang menepuk pundak saya. Saya kaget, ternyata Pak Habibie," cerita Ganjar, Rabu 11 September 2019.

Bukan hanya ditepuk pundaknya beberapa kali, Ganjar mengatakan BJ Habibie juga sempat menyampaikan pesan. Kalimatnya singkat, namun bagi Ganjar sudah membuatnya bergetar karena sarat makna.

Baca juga: Anies Salut BJ Habibie Pulang ke Indonesia ketika Sudah Mapan di Luar Negeri 

"Anak muda, maju terus," kata Ganjar menirukan ucapan Habibie.

Melalui intelektualitasnya yang tinggi, Habibie memang dikenal sebagai tokoh yang ungkapannya memiliki makna yang dalam.

Bagi Ganjar, ungkapan tersebut jadi sebuah berkah meskipun sebenarnya masih bertanya-tanya tentang makna tepukan di pundak dan ungkapan "maju terus" yang dilontarkan Habibie.

"Beliau ini teknolog, politisi. Beliau ini yang membuat terobosan-terobosan dan seorang legend yang dihormati di seluruh dunia," ucap Ganjar.

Baca juga: Fadli Zon Kenang BJ Habibie sebagai Figur Luar Biasa di Dunia Dirgantara 

Sebagaimana diketahui, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu 11 September sore. Ia wafat di RSPAD Gatot Soebroto setelah menjalani perawatan beberapa hari.

BJ Habibie meninggal di usia 83 tahun. Kabar duka pertama kali disampaikan sang putra, Thareq Kemal Habibie, yang mengungkapkan ayahnya wafat pada pukul 18.05 WIB.

Baca juga: Saut Situmorang Kenang BJ Habibie yang Menginspirasi saat Mendesain Pesawat 

1
2

Berita Terkait

Jawa Tengah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini