nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saut Situmorang Kenang BJ Habibie yang Menginspirasi saat Mendesain Pesawat

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 01:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103748 saut-situmorang-kenang-bj-habibie-yang-menginspirasi-saat-mendesain-pesawat-cSaqvMRMsb.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengenang pertemuan pertamanya dengan presiden ketiga Republik Indonesia (RI), Bacharuddin Jusuf Habibie.

Saut menceritakan, pertemuan pertamanya dengan almarhum pada 1983 ketika masih berstatus sebagai mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad).

Saat itu Saut berkesempatan menghadiri acara yang digagas Kementerian Riset dan Teknologi.

Baca juga: Sandiaga Uno Turut Bertakziah ke Rumah Duka BJ Habibie 

"Saya ketemu pertama kali dengan Pak Habibie tahun 1983 saat saya jadi mahasiswa teladan UNPAD yang ketemu acara para teladan dengan menristek di kantornya waktu itu," ungkap Saut, Rabu 11 September 2019.

Dalam acara tersebut, kata Saut, hadir BJ Habibie yang menjelaskan tentang materi fisika. Ketika itu Saut terinspirasi sosok BJ Habibie saat sedang mendesain pesawat.

Baca juga: Ma'ruf Amin Salat Jenazah untuk BJ Habibie 

"Beliau menginspirasi saya karena saya belajar fisika yang waktu itu tertarik mau buat analisis numerik dari mendesain pesawat. Waktu itu namanya Nurtanio," kenang Saut.

Tak hanya itu, Saut kembali mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie di Singapura. ‎Kala itu, kata Saut, Habibie sudah menjabat sebagai presiden RI.

Baca juga: Prabowo Ungkap Terakhir Bertemu BJ Habibie Beberapa Bulan Lalu 

"Waktu Beliau jadi presiden, saya bertugas di Singapura. Ada banyak pengalaman waktu Beliau jadi presiden. Saya di KBRI Singapura yang intinya membuat dinamika hubungan RI dan Singapura 'ngeri-ngeri sedap' waktu itu. Namun walau akhirnya kedua negara dapat bertetangga dengan baik, bahkan lebih baik. Selamat jalan Profesor, selamat jalan presiden," ucap Saut.

Sebagaimana diketahui, presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Rabu sore kemarin. Habibie‎ wafat pada pukul 18.05 setelah dilakukan perawatan intensif.

Baca juga: Upacara Penyerahan Jenazah BJ Habibie Dilaksanakan Kamis Siang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini