nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Drone Tempur Male CH-4 Akan Unjuk Kebolehan dalam Puncak Latgab TNI

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 23:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 11 337 2103739 drone-tempur-male-ch-4-akan-unjuk-kebolehan-dalam-puncak-latgab-tni-fWkWvfAwri.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama jajaran meninjau persiapan latihan gabungan TNI di Situbondo. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

SITUBONDO – Drone tempur jenis medium altitude long endurance chang hong-4 (MALE CH-4) akan unjuk kebolehan dalam puncak latihan gabungan (Latgab) TNI dengan sandi 'Dharma Yudha 2019' di Pos Tinjau T 12 atau Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis 12 September 2019.

Alutsista terbaru milik TNI ini memiliki kemampuan yang bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk melakukan penyerangan terhadap musuh.

Baca juga: 12.500 Prajurit TNI Latihan Perang di Situbondo Besok 

"Drone CH-4 ini dikendalikan dari Surabaya. Fungsinya untuk surveillance dan juga melaksanakan atttack. Attack bisa menggunakan bom seperti yang kita laksanakan kemarin kita menembak, ngebom, dari ketinggian 15.000 feet dan kita rilis hasilnya sangat presisi," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau langsung geladi resik latgab TNI, Rabu (11/9/2019).

(Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Ia menjelaskan, drone tersebut hasil pengadaan pada resra kedua. Drone ini mampu terbang hingga 12 jam, dan mencakup jangkauan hingga 1.000 kilometer apabila menggunakan Satelit Beyond Line of Sight (BLOS).

Baca juga: TNI Selamatkan Lumba-Lumba yang Terdampar di Tulungagung 

"Tapi kalau hanya menggunakan CLOS itu bisa dari Surabaya sampai ke tempat latihan ini di Situbondo. Itu adalah pengadaan pada resra kedua dan rencananya kita memiliki enam pesawat. Enam pesawat itu untuk memenuhi dua sistem," papar Hadi.

Nantinya, kata Hadi, drone tersebut menjadi salah satu alutsista TNI yang akan dipamerkan di hadapan Presiden Joko Widodo yang rencananya hadir.

"Ya besok akan diperlihatkan pada waktu Bapak Presiden hadir di tempat ini. Kita saksikan adalah fire power demo rangkaian kegiatan yang dimanfaatkan dalam kegiatan Dharma Yudha 2019 yang kita laksanakan tiga hari kita manfaatkan di sini di depan Bapak Presiden," ungkap Hadi.

Baca juga: Panglima TNI Minta Para Perwira Jangan Alergi dengan Perubahan 

Diketahui sebelumnya, Latgab TNI dengan sandi Dharma Yudha 2019 ini dilaksanakan sejak 9 hingga 12 September. Latihan melibatkan 12.500 anggota gabungan dari tiga matra dan sepertiga dari jumlah alutsista milik TNI.

Rencananya Presiden Jokowi, Menkopolhukam Wiranto, Menhan Ryamizard Ryacudu, hingga Kapolri Jenderal Tito Karnavian hadir menyaksikan latgab tersebut.

Baca juga: 56 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Berikut Daftarnya 

(Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini