nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Tahun Pimpin LPSK, Capim KPK Lili Siregar Dituding Tak Paham Justice Collaborator

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 17:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 11 337 2103560 10-tahun-pimpin-lpsk-capim-kpk-lili-siregar-dituding-tak-paham-justice-collaborator-RQbkMjH2UH.jpg Lili Pintauli Siregar. (Foto: Youtube)

JAKARTA - Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar tidak paham soal aturan Justice Collaborator (JC) yang tertera di dalam Undang-Undang KPK. Padahal, Lili pernah menjabat sebagai pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Kunci (LPSK) selama dua periode.

‎Awalnya, Lili menjelaskan bahwa aturan untuk menyematkan status JC juga masuk dalam UU LPSK. Sehingga, LPSK juga berhak menentukan status JC untuk tersangka di KPK.

"Bagi kami kalau menggunakan UU LPSK, LPSK diberi kewenangan juga untuk menentukan JC. Kedua, UU KPK juga sebagai penentu JC," kata Lili saat menjalani fit and proper test di ruang rapat Komisi III DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Menanggapi pernyataan Lili, Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra, Desmond J Mahesa mempertanyakan pasal yang mengatur status JC di dalam UU KPK. Namun, Lili menjawab pertanyaan tersebut dengan tidak rinci.

"Di UU KPK, izin, itu tidak menyebut dengan jelas," ucap Lili menjawab pertanyaan Desmond.

Fit and proper test Capim KPK di DPR. (Foto: Arie Dwi/Okezone)

Mendengar jawaban Lili, Desmond menilai bahwa Lili mengada-ngada dan tidak memahami aturan JC.

"Oke, itu Anda sudah mengada-ngada. Sudah enggak benar itu. Anda bilang paham tadi. 10 tahun anda tidak memahami kewenangan JC. LPSK-lah yang diberikan UU yang melakukan JC," tegas Desmond.

"Ibu baca lagi yang benar. Anda paham enggak, Anda bangun komunikasi. Anda harusnya beritahu ke KPK, JC itu wilayah LPSK. Di Republik ini, LPSK‎ diberi kewenangan JC. Saya jadi ragu dengan Anda," ujar Desmond.

(qlh)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini