nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag Kabulkan Perintah Romi Loloskan Haris Hasanuddin dalam Proses Seleksi

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 15:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 11 337 2103481 menag-kabulkan-perintah-romi-loloskan-haris-hasanuddin-dalam-proses-seleksi-fcA1XtyEHF.jpg Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengabulkan perintah dan permintaan dari eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi untuk meloloskan proses seleksi administrasi dari Haris Hasanuddin sebagai calon Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Hal tersebut tertuang dalam sidang pembacaan dakwaan JPU KPK terkait kasus dugaan jual-beli jabatan pada Kemenag di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (11/9/2019).

"Terdakwa memerintahkan Menag Lukman agar Haris dinyatakan tetap lolos administrasi," kata JPU KPK.

Baca Juga: Romi dan Menag Lukman Didakwa Terima Uang Rp325 Juta

Romi melakukan perintah itu lantaran dalam perjalanannya Haris Hasanuddin dinyatakan tidak lolos tahap seleksi administrasi lantaran persyaratan menyebut bahwa untuk jabatan itu seseorang tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin PNS tingkat sedang atau berat dalam lima tahun terakhir.

Sedangkan, Haris Hasanuddin sedang dijatuhi sanksi disiplin PNS berupa penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun pada tahun 2016.

Romahurmuziy kenakan rompi oranye

Dalam dakwaannya, JPU menyatakan, setelah adanya perintah itu, Menag Lukman meminta kepada Sekjen Kemenag RI Mohamad Nur Kholis Setiawan untuk memerintahkan Ahmadi selaku panitia seleksi untuk meloloskan dua orang peserta tambahan yang lolos proses seleksi administrasi.

"Dalam berita acara panitia seleksi menambahkan dua orang peserta yakni Haris Hasanuddin dan Anshori sebagai peserta yang lolos," ujar JPU KPK.

Baca Juga: Didakwa Terima Suap Rp325 Juta Bersama Menag Lukman, Romi Ajukan Eksepsi

Romi pun menerima imbalan senilai Rp5 juta dari Haris Hasanuddin karena telah dinyatakan lolos proses seleksi administrasi. Uang itu juga sebagai komitmen awal untuk menjadikan Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

Romi didakwa bersama Menag Lukman telah menerima uang senilai Rp325 juta terkait kasus dugaan jual-beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Romi dan Menag Lukman disebut telah menerima uang itu dari terpidana Haris Hasanuddin berkaitan dengan proses pengangkatan Haris Hasanuddin sebagai Kepala Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim.

1
2

Berita Terkait

OTT Ketum PPP

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini