nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desmond Anggap Pernyataan Capim KPK Nawawi Hanya Omong Kosong

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 15:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 11 337 2103477 desmond-anggap-pernyataan-capim-kpk-nawawi-hanya-omong-kosong-xJXz7poM3a.jpg Anggota Komisi III DPR RI, Desmond (foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, fraksi Gerindra, ‎Desmond J Mahesa meragukan pernyataan Calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Desmond menganggap pernyataan Nawawi yang memiliki latar belakang sebagai hakim hanya janji manis. Sebab, menurutnya, pernyataan Nawawi terhadap KPK tidak semudah membalikkan telapak tangan. Desmond pun menyoroti sistem lembaga peradilan yang saat ini masih berantakan.

"Saya melihat manis sekali omongan ini, tapi Anda asalnya dari hakim. Ini yang membuat saya ragu. Emangnya peradilan hari ini beres, enggak juga. Seolah-olah mafia hukum enggak ada, polisi, pengacara jaksa enggak beres," tekan Desmond saat mengikuti fit and proper test terhadap Nawawi di ruang rapat Komisi III DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

 Baca juga: Capim Nawawi Sepakat soal Poin SP3 di Revisi UU KPK

Ditegaskan Desmond, penegakan hukum di Indonesia belum mencapai hasil yang maksimal. Dia menganggap saat ini masih banyak hakim yang belum maksimal menegakkan hukum di Indonesia. Oleh karenanya, Desmond menyebut pernyataan Nawawi hanya omong Kosong belaka.‎

"Kalau hakimnya beres, kepastian hukum keadilan itu ada. Saya pikir sama saja omong kosongnya," imbuh Desmond.

 Baca juga: Rayuan Capim KPK Nawawi di Depan Komisi III DPR

Desmond menilai kritik-kritik yang disampaikan Nawawi akan menjadi omong kosong bahkan berlebihan, bila KPK merasa dirinya independen sehingga tak mau bekerja bersama lembaga-lembaga lainnya.

"Kesan saya Anda juga berlebihan dan mengamputasi KPK juga yang tidak berdaya, kalau Anda tak bisa memaparkan dan jawab bagaimana pencegahan bila Anda kami pilih," ucap Desmond.

(wal)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini