nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayuan Capim KPK Nawawi di Depan Komisi III DPR

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 14:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 11 337 2103461 rayuan-capim-kpk-nawawi-di-depan-komisi-iii-dpr-BawGjbP5fK.jpg Uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK (Foto: Sindo)

JAKARTA - Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango merayu saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan ke Komisi III DPR.

Nawawi berpandangan mungkin ada kekhawatiran dari para anggota DPR terhadap dirinya, jika nanti terpilih menjadi pimpinan KPK. Dengan latarbelakang sebagai hakim, Nawari pun meyakinkan para anggota Komisi III DPR atas apa yang dijanjikan ketika kelak menjadi pimpinan KPK

"Kami paham ‎juga dengan kekhawatiran bapak. Jangan-jangan saya ngomong disini ketika saya duduk di KPK, saya jadi lain. Barangkali itu yang ada di benak Komisi III," kata Nawawi di ruang rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga: Capim Nawawi Pomolango Kritisi Keberadaan Wadah Pegawai KPK

KPK

Nawawi pun menjelaskan tentang dirinya, kalau selama menjabat sebagai hakim selalu hormat dengan ketua Mahkamah Agung (MA). Hal yang sama juga dijanjikannya akan dilakukan bila nantinya menjabat sebagai komisioner KPK.

"‎Kami hakim pak, 30 tahun, dan kalau bicara loyalitas MA itu soko guru loyalitas. Saya pak, kalau ketemu Ketua MA harus membungkuk pak seperti di pengadilan. Bicara komit luar biasa, beliau adalah guru kami. Kami dibesarkan dengan lembaga yang memberi teladan tentang loyalitas dan komitmen dalam berbicara," ujarnya.

Selain Nawawi, akan ada empat kandidat lagi yang menjalani fit and proper test sebagai Capim KPK hari ini. Mereka adalah Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara.

Baca Juga: Capim Nawawi Singgung Lobi-lobi Saut Situmorang ke Desmond

(Ari)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini