nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkenalan dengan Kartini Manoppo, Pramugari Asli Sulawesi Istri Ketujuh Soekarno

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 07:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 10 337 2103139 berkenalan-dengan-kartini-manoppo-pramugari-asli-sulawesi-istri-ketujuh-soekarno-97hS4cmf45.jpg Foto: Ist

MENDENGAR nama soekarno mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. sosok pria yang akrab disapa Bung Karno ini adalah Presiden Pertama Republik Indonesia (RI).

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 merupakan pasangan suami istri (Pasutri) Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Tidak sedikit perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Dibalik perjuangan dalam meraih kemerdekaan, Pria yang meninggal dunia pada 21 Juni 1970 ini juga memiliki istri lebih dari satu orang. Siapa saja isri Sang Prolamator ini?

Dari catatan sejarah dan berbagai sumber yang diperoleh okezone, Presiden Pertama Periode 1945 hingga 1967 ini memiliki 9 orang istri.

Yakni, Siti Oetari, Inggit Ginarsih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Kartini Manoppo dan Heldy Djafar.

Kartini Manoppo

Kartini, sosok perempuan yang pernah singgah di hati Presiden Soekarno. Sosok perempuan keturunan keluarga bangsawan di Pulau Sulawesi ini dipersunting Soekarno, pada tahun 1959.

Dari berbagai sumber yang diperoleh Okezone, sebelum dinikahi Bung Karno, Kartini diketahui sebagai pramugari Garuda Indonesia. Di mana Bung Karno mengenal sosok Kartini, saat melihat lukisan karya Basuki Abdullah. Sejak saat itu, Kartini Manoppo tak pernah absen tiap kali Soekarno pergi ke luar negeri.

Rasa cinta Bung Karno dan Kartini semakin tumbuh lantaran acap kalinya pertemuan Bung Karno dan Kartini di pesawat. Namun, lantaran Kartini berasal dari kalangan bangsawan ternama di Pulau Sulawesi, pernikahan mereka pun cenderung ditutup–tutupi.

Kartini merupakan istri ketujuh Soekarno. Perempuan asal Bolaang Mongondow, Sulawesi ini terlahir dari keluarga terhormat. Bung Karno dan Kartini menikah pada tahun 1959. Keduanya dikarunia anak, pada tahun 1967. Totok Suryawan Sukarno, namanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini