nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpinan Jilid V Diharapkan Bisa Tingkatkan Kinerja KPK

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 10 337 2103125 pimpinan-jilid-v-diharapkan-bisa-tingkatkan-kinerja-kpk-BM4kpVD7gM.jpg Wakil Ketua KPK, Laode (foto: Sindo)

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap, pimpinan jilid V nantinya bisa meningkatkan kinerja lembaga antirasuah lebih baik lagi kedepannya dalam memberangus praktik korupsi di Indonesia.

"Kami berharap itu didapatkan yang pemimpin KPK yang kredibel di masa yang akan datang, yang bisa meningkatkan kinerja KPK sebelumnya. Seperti itu," kata Syarif di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2019).

Dengan adanya harapan itu, Syarif menekankan, pimpinan KPK jilid V nantinya harus memiliki rekam jejak yang betul-betul bersih dan memiliki integritas.

 Baca juga: Revisi UU KPK Akan Jadi Topik di Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK

Menurutnya, integritas itu dapat dilihat dari track record atau sejarah ketika para calon tersebut menempati posisi atau jabatan strategis sebelum menduduki kursi pimpinan KPK.

"Soal calon pimpinan KPK kami berharap bahwa yang dipilih itu adalah yang betul bersih yang mempunyai integritas yang tinggi dan tidak ada catatan-catatan yang jelek tentang selama beliau beliau itu berkarir," ujar Syarif.

 Baca juga: Komisi III DPR Didesak Teliti Rekam Jejak 10 Capim KPK

Komisi III DPR RI telah menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun RDPU merupakan tahapan dalam melakukan fit and proper test terhadap calon pimpinan KPK.

Diketahui, presiden Jokowi telah menyerahkan 10 nama Capim KPK ke DPR untuk selanjutnya dilakukan fit and proper test. Berikut ke 10 nama Capim KPK:

1. Alexander Marwata

2. Irjen Firli Bahuri

3. I Nyoman Wara

4. Johanes Tanak

5. Lili Pintauli Siregar

6. Lutfi Jayadi Kurniawan

7. Nawawi Pomolango

8. Nurul Ghufron

9. Robby Arya Brata

10. Sigit Danang Joyo

1
2

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini