nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Setujui Pemekaran Provinsi Lain di Papua

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 10 September 2019 14:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 10 337 2102956 jokowi-setujui-pemekaran-provinsi-lain-di-papua-G5sQV1KfFI.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui usulan tokoh Papua dan Papua Barat, untuk kembali memekarkan provinsi lainnya di Bumi Cendrawasih.

Sebelumnya, ketua rombongan tokoh Papua dan Papua Barat, Abisai Rolio menyampaikan sembilan usulan warga Papua saat bertemu Jokowi. Bahkan, poin pertama dalam usulan tersebut yakni memekarkan lima provinsi lainnya yang ada wilayah adat di Papua dan Papua Barat.

 Baca juga: Jokowi Janji Akan Serap 1.000 Sarjana Papua untuk Bekerja di BUMN

Namun, Jokowi hanya menyetujui pemekaran dua atau tiga provinsi lainnya di Papua dan Papua Barat.

"Ya jangan banyak-banyak dulu. Tadi minta tambahnya lima wilayah adat. Saya ya, tapi mungkin sementara tidak lima dulu. Mungkin kalau enggak dua atau tiga saja," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

 Presiden Jokowi

Kepala Negara memaparkan bahwa pemekaran provinsi di Papua masih perlu kajian yang mendalam. Namun, Jokowi juga meminta adanya usulan untuk pemekaran provinsi lainnya di Papua dan Papua Barat.

 Baca juga: Jokowi Akan Bangun Istana Kepresidenan di Papua

"Ini kan perlu ada kajian. Ya karena undang-undang sudah mendukung ke sana dan saya ingin ada dari bawah usulan itu, bukan dari kita," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali menyetujui usulan untuk pembangunan asrama nusantara bagi para mahasiswa Papua yang kuliah di berbagai kota di Tanah Air.

"Kemudian mengenai asrama nusantara, saya setuju," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini