nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Janji Akan Serap 1.000 Sarjana Papua untuk Bekerja di BUMN

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 10 September 2019 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 10 337 2102947 jokowi-janji-akan-serap-1-000-sarjana-papua-untuk-bekerja-di-bumn-eEdbmSPw2T.jpg Presiden RI, Joko Widodo saat bertemu tokoh Papua di Istana Negara (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mempekerjakan seribu mahasiswa asal Papua di perusahaan BUMN, maupun perusahaan swasta lainnya saat bertemu para tokoh Papua dan Papua Barat.

Kepala Negara akan mendorong sejumlah perusahaan itu untuk menyerap tenaga kerja asal Bumi Cendrawasih. Hal itu harus dilakukannya karena banyaknya aspirasi mahasiswa Papua yang ingin bekerja di Tanah Air.

"Saya ke California ketemu 12 mahasiswa kita dari Papua. Sangat pintar-pintar. Waktu ke New Zealand juga ketemu lebih dari 10 mahasiswa kita dari Papua. Di Australia juga. Artinya mahasiswa kita di luar bukan sedikit, banyak. Tapi memang kita perlu lebih banyak dari itu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Jokowi di Istana Merdeka

 Baca juga: Tokoh Papua Sampaikan 9 Aspirasi ke Jokowi

"Banyak yang bertanya kalau lulus mau ke mana? Ya kembali ke tanah Papua. Terus saya bilang kerja apa? Itu banyak pertanyaan. Ini pekerjaan besar kita. Tapi saya siang hari ini buka untuk BUMN dan perusahaan besar yang akan saya paksa, kalau prosedur, kalau bisa dengan kewenangan saya, saya akan gunakan," tambah Kepala Negara itu.

Jokowi menjamin seribu sarjana dari Papua akan diterima bekerja di berbagai perusahaan termaksud di kantor-kantor pemerintahan provinsi lainnya.

"Sementara siang hari ini saya sampaikan 1.000 dulu. Nanti akan saya atur lagi penempatan PNS di provinsi lain termasuk di eselon I dan II," imbuhnya.

 Baca juga: Jokowi Akan Bangun Istana Kepresidenan di Papua

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan bahwa saat ini kompetisi telah berlangsung begitu ketat. Ia pun menyetujui pembangunan asrama mahasiswa Papua di berbagai wilayah Indonesia.

"Saya setuju. Mengenai Palapa Ring akan selesai semuanya akhir tahun ini. Jadi di tanah Papua 4G semuanya," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini