nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap Ganggu Aktivitas Belajar, Gubernur Riau Instruksikan Sekolah Libur

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 09 September 2019 17:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 337 2102576 kabut-asap-ganggu-aktivitas-belajar-gubernur-riau-instruksikan-sekolah-libur-MWXZF8NslC.jpg Kabut Asap di Pekanbaru Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau (foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU - Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah beberapa kali mengganggu aktivis belajar mengajar di beberapa wilayah di Riau. Gubernur Riau, Syamsuar memerintahkan kepada dinas pendidikan untuk meliburkan siswa.

"Saya sudah intruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan (Provinsi Riau), misalnya hari ini di Pekanbaru, tidak sehat (udara tidak sehat) boleh diliburkan. Kadis Pendidikan sudah saya perintahkan juga untuk memberitakan ke semua kabutpaten kota yang patut diliburkan," ucap Syamsuar, Senin (9/9/2019).

Baca Juga: Kabut Asap Kembali Pekat, Ribuan Siswa di Dumai Dipulangkan 

Dia menegaskan, tidak semua wilayah diselimuti asap. Ada sebagian wilayah yang titik apinya hanya satu, sehingga tidak perlu meliburkan sekolah.

Kabut Asap di Riau (foto: Okezone/Banda Haruddin Tanjung) 

Kalau titik api hanya satu, barang kali tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar. Dinas pendidikan provinsi memiliki kewenangan untuk meliburkan siswa tingkat SMA sederajat yang tersebar di kabupaten dan kota. Sementara untuk tingkat SD dan SMP se Riau menjadi kewenangan pemda tingkat II.

"Saya juga sudah intruksikan kepada Kepala Dinas LHK juga kita untuk terus memantau perkembangan kabut asap," ucap mantan Bupati Siak 2 priode ini.

Hari ini sejumlah sekolah di Kota Dumai memulangkan ribuan siswa karena kabut asap. MTs Negeri 01 Kota Pekanbaru hari ini juga memulangkan semua siswanya karena kabut asap.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofika (BMKG) menlansir hari ini tercatat sebanyak 1278 hot spot (titik panas) di Pulau Sumatera. Di Riau, terdeteksi ada 289 titik.

Baca Juga: Diselimuti Kabut Asap Parah, Pemkot Jambi Liburkan Anak Sekolah

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini