nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya Diteror Ular, Wiranto: Usaha Memprovokasi

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 09 September 2019 17:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 09 337 2102567 asrama-mahasiswa-papua-di-surabaya-diteror-ular-wiranto-usaha-memprovokasi-uwbzaelEi3.jpg Menko Polhukam Wiranto (dua dari kiri) memberi keterangan pers (Sarah/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan aksi teror ular ke Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Kota Surabaya, Jawa Timur sebagai upaya untuk memprovokasi.

Menurutnya, hingga saat ini masih ada pihak-pihak yang ingin mengadu domba karena merasa tidak suka dengan situasi dan kondisi Papua dan Papua Barat yang telah berangsur kondusif pasca-kerusuhan.

"Ini kan usaha untuk kembali tadi memprovokasi, mengadu domba, antara kita dengan kita akan terus berlangsung. Mereka tidak senang kalau keadaan itu aman, enggak senang kalau keadaan kondusif," ujar Wiranto dalam konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).Ular

Ilustrasi (Getty Images)

Pada subuh tadi, Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya dilempar ular yang dimasukkan dalam karung terbuka oleh orang tak dikenal.

Usai melemparkan karung berisi ular, pelaku kabur. Sedangkan ular dalam karung langsung keluar lari ke selokan dan lokasi parkir. Satu ekor di antaranya berhasil ditangkap penghuni asrama.

Baca juga: Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, 43 Orang Diamankan

"Pagi tadi saat masih gelap, ada empat orang berpakaian preman berhenti di depan asrama, mereka masukan ular, ada tiga ekor itu di dalam karung terbuka," kata Yoab Orlando, penghuni Asrama Mahasiswa Papua.

Namun, Wiranto enggan berkomentar banyak soal adanya teror ular ke Asrama Mahasiswa Papua.

"Enggak ada lah ya orang nangkap ular itu dilempar-lempar enggak ada," ujar dia.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Polisi Frans Barung Mangera menduga ada skenario di balik teror ular di Asrama Mahasiswa Papua.

"Teror Ular? Kayaknya ada sekenario internal," katanya.

Menurut dia, Asrama Mahasiswa Papua saat ini masih dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini