nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PB Djarum Setop Beasiswa Bulutangkis, KPAI : Kami Tak Niat Hentikan Audisi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 09 September 2019 13:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 337 2102425 pb-djarum-setop-beasiswa-bulutangkis-kpai-kami-tak-niat-hentikan-audisi-AbrEFbloRU.jpg ilustrasi

JAKARTA - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto membantah tudingan beberapa pihak yang menyebut lembaganya sebagai biang keladi disetopnya ajang pencarian bakat atlet bulutangkis oleh PB Djarum pada 2020.

"KPAI tidak terbesit niat untuk menghentikan audisi," kata Susanto kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Seperti diketahui, PB Djarum menghentikan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis pada 2020, setelah diprotes oleh KPAI karena menjadikan ajang itu sebagai promosi merek rokok. Namun, untuk audisi tahun ini, Djarum akan menggelar hingga tuntas sampai final.

“Mulai tahun 2020 mendatang, pencarian bakat atlet muda bertalenta di berbagai penjuru negeri, resmi ditiadakan, dan tahun 2019 ini menjadi terakhir kalinya,” tulis PB Djarum dalam laman resmi yayasannya seperti dikutip Okezone, hari ini.

Foto: Twitter/PB Djarum

Ia mengaku terus mendukung kegiatan tersebut tetap berlangsung. Sebab, tak dapat dipungkiri bila perhelatan itu memang banyak menghasilkan atlet-atlet yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia internasional.

"Kami justru mendukung bagaimana audisi dan pengembangan bakat dan minat anak di bidang bulu tangkis terus berlanjut agar prestasi anak terus tumbuh dan membanggakan Indonesia ke depan," ujarnya.

Meski begitu, lanjut dia, audisi itu tetap harus mengikuti peraturan yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Menurut dia, berdasarkan aturan itu penyelenggaraan audisi tidak boleh menggunakan nama merek, logo, dan gambar produk tembakau.

"Jadi peraturan pemerintah telah melarang. KPAI hanya menjalankan tugas agar peraturan tersebut ditaati oleh semua pihak," kata dia.

Baca Juga : Polemik PB Djarum Vs KPAI Berbuah Penghentian Audisi Beasiswa Bulutangkis

Ia menambahkan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih detail ihwal persoalan tersebut. KPAI, kata dia, berencana menjelaskan lebih rinci ihwal solusi dari masalah itu pada Selasa, 10 September 2019.

"Insya Allah, Selasa (besok) kita akan konpers," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini