nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Klaim Sudah Tahu Keberadaan Veronica Koman

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 09 September 2019 13:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 337 2102413 polri-klaim-sudah-tahu-keberadaan-veronica-koman-BlkpIhDti7.jpg Brigjen Dedi Prasetyo (Heru/Okezone)

JAKARTA – Mabes Polri mengklaim sudah mengetahui keberadaan Veronica Koman, aktivis hak asasi manusia (HAM) yang dijadikan tersangka karena dituduh memprovokasi di Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Kalasan 10, Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Biro Penerangan Massyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, Polda Jawa Timur telah mengirim ke Divisi Hubungan International (Divhubinter) Polri meminta bantuan pencarian Veronica Koman yang sedang di luar negeri.

"Lokasi sudah diketahui. Polda Jawa Timur sudah bersurat ke Divhubinter kemudian juga sudah bersurat ke Bareskrim," kata Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (9/9/2019).Veronica Koman

Veronica Koman

Karena posisi Veronica Koman di luar negeri, Dedi mengatakan, Polri akan berkomunikasi dengan kepolisian negera tersebut untuk menjemput aktivis perempuan yang selama ini dikenal aktif membela kelompok-kelompok marginal itu.

"Nanti dari police to police akan bekerjasama, setelah dari Divhubinter melakukan langkah-langkah hukum tentunya," ujar Dedi.

Baca juga: Veronica Koman Jadi Tersangka Provokasi Mahasiswa Papua di Surabaya

Polda Jawa Timur telah menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka karena cuitannya terkait Papua dianggap memprovokasi. Namun, Veronica Koman belum ditahan karena sedang di luar negeri. Polisi memasukkan dia dalam daftar buronan. 

Polda Jatim menyebutkan Veronica Koman ada di negara tetangga, tapi tak dijelaskan negara apa.

"Negara tetangga Indonesia (keberadaan Veronica Koman). Nanti kita lihat kedepan. Ini proses penyidikan. Jangan sampai kita kesulitan, yang jelas negara tetangga," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Sabtu 7 September 2019.

Namun Luki memberikan kisi-kisi bahwa negara yang menjadi lokasi dari Veronica tidak jauh dari Indonesia. Ia tinggal bersama suaminya yang memang bukan warga negara Indonesia.

"(Suaminya) banyak melakukan kegiatan-kegiatan terkait dengan LSM, saya rasa para media paham," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini