Viral Pemalak Massal di Tanah Abang: 10 Orang Ditangkap, 4 Jadi Tersangka

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 06 September 2019 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 06 337 2101621 viral-pemalak-massal-di-tanah-abang-10-orang-ditangkap-4-jadi-tersangka-JnXAvtn8oJ.jpg Viral Pemalakan di Tanah Abang (Foto: [email protected])

JAKARTA - Sebanyak 10 orang diamankan polisi setelah viralnya video pemalakan secara massa yang terjadi di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari 10 orang yang diamankan, polisi menetapkan 4 orang jadi tersangka.

Kapolsek Tanah Abang, AKBP Lukman Cahyono mengatakan aksi yang sempat viral tersebut terjadi di Pasar Tasik, Blok F Tanah Abang, Jakarta Pusat. Empat dari 10 orang yang diamankan kini sudah ditetapkan jadi tersangka pemalakan berinisial S, N, T dan MI.

"Keempatnya kita tetapkan tersangka, para pelaku meminta sejumlah uang dengan cara memaksa serta mengancam pedagang dengan gedor kaca mobil," kata Lukman kepada wartawan di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Baca Juga: Viral "Pak Ogah" Keroyokan Mintai Uang Kepada Pengemudi

Sementara itu, salah satu tersangka mengaku tidak menyangka aksinya menjadi viral. Karena selama beraksi tidak pernah ada petugas yang menegurnya.

"Saya engga nyangka, kalau akhirnya gini. Padahal ada Dishub juga, duduk-duduk di bawah jembatan, mereka lihat kita tapi enggak ditegur apa-apa," kata MI di Mapolsek Tanah Abang.

Diakui MI, aksi permintaan uang tersebut sebagai bentuk upah jasa karena mengatur jalan. Para tersangka pun berdalih tidak memaksa saat meminta uang.

"Sudah biasa, setiap hari Senin dan Kamis, kita pada datang kesini untuk memberikan jasa atur jalan. Kita engga maksa, seiklasnya saja," kata MI.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini