Awal Pekan Depan Komisi III DPR Fit and Proper Test 10 Capim KPK

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 06 September 2019 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 06 337 2101457 awal-pekan-depan-komisi-iii-dpr-fit-and-proper-test-10-capim-kpk-ptOSgZxCRx.jpeg Ilustrasi Komisi III DPR RI. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani, mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat pleno untuk memutuskan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sepuluh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019–2023. Tes itu pun akan digelar awal pekan depan.

"Komisi III sudah rapat pleno. Uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III akan dimulai awal minggu depan," ujar Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Baca juga: Mencari Nakhoda Baru KPK 

Ia menerangkan, ada sejumlah tahapan dalam melakukan uji kepatutan dan kelayakan sepuluh capim KPK. Dimulai memanggil panitia seleksi (pansel) yang melakukan seleksi hingga pengujian para kandidat.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Okezone)

"Pertama dengan Komisi III mengundang Pansel KPK untuk memberikanlah kira-kira penjelasan yang komprehensif tentang proses seleksi sampai pada sepuluh nama itu," jelas Arsul.

Baca juga: Menilik Catatan Harta Kekayaan 10 Capim KPK 

Kemudian pada 9 September, Komisi III mengundang para capim melakukan uji kepatutan dan kelayakan dengan membuat makalah yang topiknya nantinya bakal diundi.

"Kemudian capim yang itu kita undang membuat makalah. Ada topik-topik yang nanti diundi. Tentu topiknya baik yang dengan pemahaman-pemahaman atas tindak pidana korupsi, hukum acara, maupun konsep-konsep pencegahan ke depan," papar Arsul.

Dia menyebut Komisi III juga akan mengundang elemen masyarakat sipil yang ingin memberikan masukan kepada pihaknya terkait sepuluh capim KPK.

"Yang berikutnya kemudian Komisi III juga menjadwalkan, kalau enggak salah di hari Selasa yang akan datang, mengundang elemen masyarakat sipil yang ingin memberikan masukan terkait dengan sepuluh capim itu," ungkap Arsul.

Sebagaimana diketahui, DPR RI telah menerima surar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait sepuluh nama calon pimpinan KPK jilid V. Surat itu pun sudah dibacakan dalam rapat paripurna pada Kamis 5 September 2019.

Baca juga: Catatan Singkat 10 Capim KPK yang Sudah Dikantongi Jokowi 

Berikut ini kesepuluh capim KPK yang lolos seleksi tahap akhir:

1. Alexander Marwata (komisioner KPK).

2. Firli Bahuri (anggota Polri).

3. I Nyoman Wara (auditor BPK).

4. Johanis Tanak (jaksa).

5. Lili Pintauli Siregar (advokat).

Baca juga: Asa Ketua KPK kepada Kepala Negara untuk Calon Penggantinya 

6. Luthfi Jayadi Kurniawan (dosen).

7. Nawawi Pomolango (hakim).

8. Nurul Ghufron (dosen).

9. Roby Arya B (PNS Sekretariat Kabinet).

10. Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini