nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posting Konten Berbau SARA Terkait Papua, Warga Makassar Ditangkap

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 13:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 06 337 2101387 posting-konten-berbau-sara-terkait-papua-warga-makassar-ditangkap-5ww9mA4F3i.jpg (Foto: Herman/Okezone)

MAKASSAR - Agus ST (40), warga Biringkanaya, Makassar hanya bisa tertunduk setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam tindak pidana tentang ITE.

Berdasarkan temuan personel Tim Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel, Agus merupakan tersangka penyebar konten bermuatan SARA di media sosial.

Agus mengunggah sebuah foto anggota Polri dan TNI sedang mengamankan aksi demonstrasi warga Papua lewat akunnya @AgusMatta2 di Twitter media internasional.

Agus juga menambahkan kalimat provokatif. "Usir Semua Mahasiswa N Pemuda Monyet Papua Kembali Papua. Setelah itu kami rakyat NKRI Siap tenggelam hancurkan," tulis Agus.

Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Krimsus Polda Sulsel, AKBP P Simanjuntak saat merilis pengungkapan kasus ini di Mapolda Sulsel, Jalan Petintis Kemerdekaan, Kamis (5/9/201) saat merilis kasus ini.

Foto: Herman/Okezone

Dia mengemukakan, cuitan Agus terungkap setelah pihak Tim Cyber Crime Bareksrim Mabes Polri mendapati bukti cuitan Agus di akun yang digunakan.

"Kami selanjutnya menindaklanjuti informasi Tim Cyber Crime Bareksrim Mabes Polri untuk menyelidiki pemilik akun yang diketahui adalah warga yang berdomisili di Makassar. Proses penyelidikan pun berbuah hasil orang yang sudah dikantongi identitas dan ciri-cirinya itu merupakan warga Kecamatan Biringkanaya," ujar Simanjuntak.

Akibat perbuatannya, sebut Simanjuntak, pelaku akan dijerat dengan Pasal 45A Ayat (1) juncto Pasal 28 Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

"Pelaku terancam hukuman pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini