nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peradi: PTUN Berperan Wujudkan Tata Kelola Good Governance

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 06 September 2019 12:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 06 337 2101347 peradi-ptun-berperan-wujudkan-tata-kelola-good-governance-qscxU6RIpZ.JPG Peradi pimpinan Fauzie Yusuf Hasibuan gelar NMCC PTUN (Foto: Peradi)

JAKARTA - Setelah sejumlah lembaga hukum seperti Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM, kini giliran Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menggelar kompetisi National Moot Court Competition (NMCC) di bidang Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Kompetisi peradilan semu PTUN ini juga berbasis e-litigasi sebagai bentuk dukungan sekaligus sosialisasi bagi Mahkamah Agung (MA) yang belum lama ini mengeluarkan Perma E-Litigasi.

Ketua Umum Peradi, Fauzie Yusuf Hasibuan mengungkapkan, tujuan digelarnya kegiatan ini ialah agar publik lebih paham tentang fungsi dan peran peradilan tata usaha negara yang merupakan aset nasional di mana hanya terdapat pada negara-negara hukum (rechtsstaat) seperti Indonesia.

"Peradilan TUN adalah aset nasional dan kehadirannya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat demokratis perlu memahaminya," ucap Fauzie dalam keterangan persnya, Jumat (6/9/2019).

Sementara itu, Ketua Panpel kegiatan tersebut, Bambang Haryanto mengatakan bahwa kompetisi ini dilakukan dengan cara pemberkasan e-Ligitasi seperti yang diperkenalkan Mahkamah Agung (MA) belum lama ini.

Ilustrasi Hukum

Peradi menggandeng sejumlah pihak untuk menyajikan kompetisi yang berkualitas, fair dan kompetitif seperti kalangan hakim PTUN, Perkumpulan Pengajar Hukum Acara Tata Usaha Negara (PP HATUN), Asian Law Student Association (ALSA) dan Himpunan Komunitas Peradilan Semu Indonesia (HKPSI).

Senada, Ketua Dewan Pembina Peradi, Otto Hasibuan menyebut bahwa kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa guna mengembangkan dan menguasai bidang ilmu hukum acara.

"Program ini merupakan fungsi sosial Peradi untuk berkontribusi pada dunia pendidikan sekaligus mempersiapkan generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan hukum di Indonesia," kata Otto.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini