Share

Ditunjuk Paus Jadi Kardinal, Ini Penjelasan Mgr Ignatius Suharyo

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 05 September 2019 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 337 2101222 ditunjuk-paus-jadi-kardinal-ini-penjelasan-mgr-ignatius-suharyo-NMUqh3DlQQ.jpg Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo (tengah). (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

JAKARTA – Paus Fransiskus mengumumkan Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, menjadi Kardinal baru Indonesia. Ignatius menjelaskan, alasan penunjukan dirinya karena posisi Indonesia sangat dipandang dunia internasional terkait toleransi beragamanya.

"Penduduk muslimnya paling besar di dunia, tetapi Islam Indonesia belum begitu dikenal di Eropa, yang lebih dikenal Islam di Timur Tengah. Ada gerakan yang sangat jelas, saudara-saudara kita di Eropa ingin mengenal lebih baik Indonesia karena memang yang berbeda," kata Ignatius di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

Selain itu, kata dia, karena umat Katolik Indonesia juga mempunyai peran penting dalam membantu kemerdekaan di Tanah Air. Pada 1922, ketika seorang misionaris Belanda menyatakan dengan tegas Gereja Katolik di Indonesia berpihak pada bangsa yang ditindas, yaitu orang pribumi pada saat itu.

"Ketika saya nanti sebagai Kardinal itu saya pahami penuhi syukur bukan karena pribadi saya, tetapi karena pertama Gereja Katolik di Indonesia yang hidup ini dengan segala macam usaha untuk terlibat dalam membangun kehidupan bangsa," ujarnya.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo (tengah). (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

Ia menilai, dirinya tak memiliki prestasi yang begitu besar sehingga dipilih menjadi seorang kardinal. Menurut dia, keragaman dan toleransi umat beragama yang ditunjukkan masyarakat Indonesia membuat dirinya dipilih Paus jadi kardinal.

"Perhatian bukan tertuju pada saya, tapi tertuju pada Gereja Katolik Indonesia dan kepada bangsa Indonesia. Itu simbolik yang dilakukan oleh Paus dengan menunjukan saya menjadi kardinal," ujar dia.


Baca Juga : Paus Fransiskus Umumkan Ignatius Suharyo Jadi Kardinal Baru Indonesia

Sekadar informasi, Ignatius Suharyo beserta 12 orang lainnya akan dilantik menjadi Kardinal dalam Consistorium atau Sidang Para Kardinal pada 5 Oktober 2019 di Vatikan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini