Situasi Kondusif, Pemerintah Cabut Pembatasan Internet di Papua

Sarah Hutagaol, Okezone · Kamis 05 September 2019 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 337 2101080 keadaan-kondusif-pemerintah-cabut-pembatasan-internet-di-papua-dmqJcJ8RYC.jpeg Menko Polhukam Wiranto (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Wiranto menyatakan telah mencabut pembatasan internet di Papua dan Papua Barat pada hari ini.

Pencabutan pembatasan internet tersebut dikarenakan berdasarkan kondisi Papua dan Papua barat sudah kondusif. Maka, kata Wiranto, internet pun sudah mulai bisa berjalan normal.

"Tadi saya mendapatkan laporan, keadaan memang sudah cukup kondusif maka pembatasan internet tanggal 5 September ini sudah dicabut. Internet sudah normal kembali," ujar Wiranto dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca Juga: Imigrasi: Benny Wenda, Dalang Kerusuhan Papua Sudah Bukan WNI 

Jayapura

Kendati demikian, Wiranto menyebutkan pemerintah masih akan teus memantau keadaan di sana. Jika situasi kembali mamanas, maka bukan tidak mungkin pembatasan layanan internet kembali dilakukan.

"Dengan catatan kalau keadaan memburuk, maka tentu pembatasan internet akan kita lakukan kembali," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembatasan penggunaan internet di Papua sudah berlangsung sejak 21 Agustus lalu. Hal itu dilakukan karena aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan, dan banyaknya penyebaran informasi yang tidak benar atau hoaks.

Baca Juga: Polri Kerjasama dengan Interpol Lacak Keberadaan Veronica Koman 

Kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat dipicu tindakan rasisme dan penangkapan sewenang-wenang atas sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya serta Malang, Jawa Timur.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini