nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Sebut Penetapan Tersangka Veronica Koman Sesuai Prosedur Hukum

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 16:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 04 337 2100620 wiranto-sebut-penetapan-tersangka-veronica-koman-sesuai-prosedur-hukum-uqk1ISYJm8.jpg Menko Polhukam Wiranto (foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, polisi telah melalui prosedur hukum untuk menetapkan Veronica Koman (VK) sebagai tersangka kasus dugaan provokasi asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

"Biarkan saja itu. Tentu karena ada tuduhan seperti itu, ada tersangka, tentunya sudah hasil penyidikan dan hasil penyelidikan," kata Wiranto saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca Juga: Veronica Koman Jadi Tersangka Provokasi Mahasiswa Papua di Surabaya 

Menkopolhukam Wiranto Paparkan Kondisi Terkini di Papua

Mantan Panglima ABRI itu membiarkan kasus tersebut bergulir. Menurut Wiranto, penyidik kepolisian selalu menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah dalam penanganan kasus.

"Biarkan berproses aja enggak usah kita bahas. Nanti kalau salah dihukum, kalau enggak salah dibebaskan," imbuh Wiranto.

Polda Jawa Timur resmi menetapkan Veronica Koman (VK) sebagai tersangka kasus dugaan provokasi asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Polisi bekerjasama dengan Interpol dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk memburu Veronica yang terindikasi sedang berada di luar negeri.

Polisi menuding Veronica aktif memprovokasi masyarakat di media sosial Twitter, khususnya soal kerusuhan di Papua. Kemudian ada juga seruan mobilisasi massa terkait kasus dugaan rasisme mahasiswa Papua di Surabaya. Veronica disangkakan melanggar Pasal 160 KUHP serta UU ITE.

Veronica merupakan aktivis yang konsen terhadap persoalan Hak Asasi Manusia (HAM). Ia merupakan pengacara yang kerap mendampingi berbagai kasus terkait isu Papua. Veronica diketahui pernah berorasi menuntut pembebasan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus penistaan agama.

Baca Juga: 253 Orang Kabur Usai Penambang Emas Tewas Ditombak Warga Lokal Papua


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini