Ketua DPR Dukung Pemerintah Batasi Akses WNA ke Papua

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 04 September 2019 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 337 2100477 ketua-dpr-dukung-pemerintah-batasi-akses-wna-ke-papua-FrVNuAtkWI.jpg Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendukung upaya pemerintah yang membatasi akses warga negara asing (WNA) ke Papua.

“Mendukung upaya pemerintah dan pihak penegak hukum dalam pembatasan sementara akses bagi turis mancanegara ke Papua dan Papua Barat,” kata Bamsoet kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).

Baca Juga:Menakar Nyali Pemerintah Bongkar Jaringan Internasional Dalang Rusuh Papua

Bamsoet juga mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk berdiplomasi dalam memberikan pemberitahuan kepada negara lain atas pembatasan sementara WNA masuk ke wilayah Papua dan Papua Barat.

“Guna menghindari adanya WNA yang dideportasi dari pemerintah Indonesia,” tutur Bamsoet.

Papua

Politikus Partai Golkar ini turut meminta kepolisian bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kemenlu untuk mengungkap pihak-pihak asing yang diduga terlibat dalam aksi tersebut.

“Mendorong pemerintah untuk terus mengupaya kedamaian di Papua dan Papua Barat guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengingat kericuhan tersebut sudah menyebabkan keresahan di masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Solusi Penanganan Papua agar Tak Bernasib Sama seperti Timor Leste

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini