nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Diminta Perhatikan Hak Perlindungan Pekerja Seni

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 03:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 04 337 2100363 dpr-diminta-perhatikan-hak-perlindungan-pekerja-seni-8HYkeW0kQE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - DPR periode 2019-2024 diharapkan memberi perhatian lebih kepada nasib para pekerja seni Indonesia. Hal itu mengingat tak sedikit seniman yang hidup sangat pas-pasan di hari tua mereka sehingga terkesan terabaikan.

Politikus Partai NasDem, Lathifa Al Anshori mengatakan, banyak hal yang harus diperhatikan dan diperbaiki terutama hak-hak menyangkut perlindungan terhadap pekerja seni itu sendiri.

"Kami berharap periode parlemen yang baru dapat meloloskan Undang-undang yang dapat membantu pekerja seni Indonesia,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (3/9/2019).

Baca juga: "Artis yang Resmi Terdaftar Menjadi Anggota DPR Sebaiknya Tinggalkan Profesi Lamanya"

Wakil Ketua Organizing Committee (OC) Bidang Public Relations Panitia Kongres II Partai NasDem itu berharap, seluruh anggota legislatif dari Partai NasDem mampu memerjuangkan aspirasi para pekerja seni. Sehingga, tercipta siklus industri yang lebih baik.

Hal senada disampaikan politikus Partai NasDem, Farhan. Ia menilai perhatian pemerintah masih sangat minim dalam memberikan perhatian ke industri seni.

Pekerja Seni

Baca juga: Artis Nyaleg di Pemilu 2019, Anggota DPR: Popularitasnya Bisa Diubah Jadi Elektabilitas yang Kuat

"Pertama, perlindungan sosial (keselamatan kerja dan kesehatan-red) yang dianggap sudah baik terlindungi. Kedua, soal perlindungan karya atau Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan pemerintah dirasakan belum begitu hadir ke ranah ini,” kata Farhan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini