nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo: 20 Negara Ikut Sebarkan Hoaks soal Papua

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 00:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 03 337 2100342 menkominfo-20-negara-ikut-sebarkan-hoaks-soal-papua-Cn5Wk0m8bt.JPG Menkominfo RI, Rudiantara (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menyebut, sebanyak 20 negara di dunia ikut menyebarkan hoaks terkait kondisi Papua dan Papua Barat.

Kata dia, ada satu negara di wilayah Eropa yang terdeteksi paling berperan dalam penyebaran berita bohong tersebut.

"Ada (berita hoaks dari) internasional, banyakan dari dalam negeri. Tapi ada 20 lebih negara. Saya mengatakan belum tentu warga negara tersebut, tapi dari negara tersebut. Dari salah satu negara dari Eropa," kata Rudiantara di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019) malam.

Ia menjelaskan, pihaknya mengetahui itu berasal dari internasional setelah menurunkan 550 ribu URL hoaks di dunia maya. Kebanyakan disebarkan melalui media sosial Twitter.

"Itu kanal yang digunakan untuk menyebarkan hoaks paling banyak Twitter, itu aja. Dan, dari 550 ribu original account yang posting, yang mention itu ada 100 ribu lebih," tutur Rudiantara.

Menkominfo Rudiantara

Ia menambahkan, konten hoaks tersebut jelas sangat mengkhawatirkan, karena isinya bersifat adu domba. Sehingga, pihaknya sengaja melakukan pembatasan internet di bumi cenderawasih.

"Kalau beritanya ada macam-macam. Kalau informasi itu sih masih rendah tapu kalau sudah menghasut sudah mengadu domba nah itu sudah keterlaluan," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini