nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok, Menkominfo Cabut Pemblokiran Internet di Papua Secara Bertahap

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 22:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 03 337 2100333 besok-menkominfo-cabut-pemblokiran-internet-di-papua-secara-bertahap-9ePw5MwKe5.JPG Menkominfo RI, Rudiantara (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara berjanji akan membuka layanan internet di wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap. Ia menyebut, beberapa kabupaten dan kota terhitung besok, Rabu 4 September 2019 akan mulai dicabut pemblokirannya.

"Besok mudah-mudahan sudah ada daftar (kabupaten/kota yang layanan internetnya dibuka)," kata Rudiantara di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019) malam.

Pihaknya lanjut Rudi, sedang menunggu koordinasi dari pihak TNI-Polri untuk memastikan kondisi di sana sudah kembali kondusif. Sehingga, pembukaan internet itu tetap melihat situasi di lapangan.

"Tentu teman-teman di lapangan yang lebih tahu. Apakah dari kepolisian atau TNI. Ada 3, menangani, mencegah dan memulihkan. Kalau mencegah ada intelijen. Semua stakeholder yang ada di lapangan yang akan menetapkan," kata dia.

Menkominfo Rudiantara

Ia menambahkan, bila eskalasi hasutan kembali terjadi, maka tak menutup kemungkinan pihaknya akan kembali melakukan pemblokiran internet di bumi cenderawasih.

"Namun, kalau terjadi eskalasi, misalkan jadi tidak kondusif, pembatasannya kembali bisa dilakukan," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak Rabu 21 Agustus 2019, Kemenkominfo menutup akses internet di Papua dan Papua Barat. Hal itu dilakukan untuk meredam konflik yang terjadi di wilayah itu beberapa waktu lalu akibat isu rasisme.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini