nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Pengibaran Bendera Israel di Papua, Ini Faktanya

Ade Putra, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 18:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 03 337 2100235 heboh-pengibaran-bendera-israel-di-papua-ini-faktanya-1IBkyU5PUD.jpg (Foto: tangkapan layar akun Facebook)

SEBUAH akun Facebook Dawai Laila, membagikan video pawai pengibaran bendera Israel dengan mobil dan berjalan kaki di Jayapura.

Dalam video itu, Dawai Laila juga menambahkan narasi: “Selain mengibarkan bendera Bintang Kejora. Papua kini kibarkan bendera Yahudi Israel. Miris yaa….lihat ini dek mpud”.

Postingan Dawai Laila sempat dibagikan 4,9 ribu kali per tangkapan layar dibuat. Namun kini postingan tersebut sudah raib.

Setelah dilakukan penelusuran oleh Aribowo Sasmito, Co-Founder, Head of Fact Checker Committee di Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), ternyata konten yang dibagikan akun Dawai Laila itu adalah konten yang salah.

"Di mana ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah," jelas Aribowo dalam ulasan periksa faktanya.

Ia menegaskan, hasil penelusuran ditemukan fakta bahwa akun Dawai Laila membagikan video pengibaran bendera Israel oleh Sion Kids of Papua, peristiwa yang terjadi pada tahun 2018.

"Kemudian akun Dawai Laila menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta, untuk membangun premis pelintiran berkaitan dengan kondisi Papua saat ini," tegasnya.

Salah satu sumber video dapat dilihat di channel YouTube dengan judul ‘Jayapura Pawai Mengibarkan Bendera Israel’, diunggah akun Ilham Ilmanulloh pada 19 Mei 2018.

Foto: Facebook

Kemudian, juga ditemukan beberapa artikel berkaitan di media mainstream yang inti isinya menyatakan bahwa pihak kepolisian sudah melarang pawai tersebut, namun para peserta tetap memaksa untuk dilakukan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini