Share

Polisi Persilakan KNKT Bantu Selidiki Penyebab Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang

CDB Yudistira, Okezone · Senin 02 September 2019 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 337 2099749 polisi-persilakan-knkt-bantu-selidiki-penyebab-kecelakaan-beruntun-tol-cipularang-hjFfjxi2lP.jpg Polisi evakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang. (Ist)

BANDUNG – Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Rudy Sufahriadi mengaku pihaknya akan terbuka jika tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menurunkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menginvestigasi kecelakaan di ruas Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta.

"Ya silakan," kata Rudy di Mapolrestabes Bandung, Senin (2/9/2019).

Menurut Rudy, banyak pihak yang terlibat untuk mengusut kecelakaan tersebut dapat membantu penyidikan kepolisian.

"Akan lebih baik dengan ahlinya. Apa sebenarnya penyebab kecelakaan tersebut," ucap jenderal bintang dua tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerjunkan tim khusus untuk mengecek faktor penyebab kecelakaan beruntun yang menewaskan 8 orang di Tol Cipularang KM 91 Jalur B arah Jakarta Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, pada Senin (2/9/2019) siang.

Kemenhub akan menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menginvestigasi penyebab sering terjadinya kecelakaan di Tol Cipularang.

"Pengecekan itu agar mengetahui kejadiannya seperti apa dan nanti pasti akan dilakukan semacam kajian untuk tidak terluang lagi kejadian. Saya juga ingin tahu sebenarnya faktor penyebabnya apa. Karena ada kebakaran juga kalau ga salah ya melibatkan beberapa kendaraan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi kepada pers di Gedung Kemenhub, Jakarta.

Sekadar diketahui, kecelakaan beruntun melibatkan 20 kendaraan terjadi di ruas Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta, pada Senin (2/9/2019) siang. Dalam kecelakaan tersebut, setidaknya ada 5 mobil terbakar.

Akibat kecelakaan beruntun itu, 8 orang dinyatakan tewas, 4 luka berat, dan 28 luka ringan. Korban luka ringan dievakuasi di 3 rumah sakit, yaitu Siloam, Bayu Asih, dan Thamrin.

Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang. (Ist)

Petugas langsung menangani kecelakaan tersebut. Kendaraan yang mengalami kecelakaan langsung dievakuasi. Begitu juga dengan para korban.


Baca Juga : Tewaskan 8 Orang, Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Proses evakuasi sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi kejadian tersebut. Saat itu, untuk mengurai kemacetan, diterapkan rekayasa lalu lintas dan contraflow. Pengendara dari Bandung, Jawa Barat, yang hendak bepergian ke Jakarta juga sempat diimbau untuk melewati jalur alternatif imbas kecelakaan beruntun tersebut.


Baca Juga : Kecelakaan Tol Cipularang, Polisi Kantongi Identitas Sopir Truk yang Kabur

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini