Wiranto Sebut Benny Wenda Bagian Konspirasi Masalah di Papua

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 02 September 2019 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 337 2099747 wiranto-sebut-benny-wenda-bagian-konspirasi-masalah-di-papua-E4NtLLMMcU.jpeg Menko Polhukam Wiranto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menko Polhukam Wiranto mengatakan, aktivis pro-kemerdekaan Papua, Benny Wenda kerap melakukan konspirasi dan provokasi yang menyebabkan kerusuhan di Bumi Cendrawasih.

"Saya kira benar bahwa Benny bagian konspirasi untuk masalah ini," kata Wiranto saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Menurutnya, pemerintah akan melawan provokasi Benny Wenda dengan kebenaran dan fakta. Provokasi yang dia lakukan ke luar negeri tidak benar dan sarat dengan informasi menyesatkan.

"Kita harus lawan dengan kebenaran, kita lawan dengan fakta, dan biasanya provokasi yang enggak benar, informasi yang menyesatkan hanya dapat dibantah dengan fakta-fakta yang ada," tuturnya.

Baca Juga: Wiranto: 48 Orang Jadi Tersangka Terkait Kerusuhan Papua 

Benny Wenda Foto: Oxford City Council

Mantan Panglima ABRI itu menjelaskan, aktivitas Benny Wenda ke luar negeri sangat tinggi. Benny disebut menghasut serta memberikan informasi palsu dan provokasi ke luar negeri, bahwa seakan-akan pemerintah menelantarkan Papua dan Papua Barat.

"Seakan-akan kita menelantarkan di sana, seakan-akan banyak pelanggaran HAM setiap hari, banyak penyiksaan, pembunuhan, tetapi kan itu semua tidak benar dan itu hanya dapat dilawan dengan satu informasi yang aktual ya," ucap Wiranto.

Pemerintah, kata dia, sudah memberikan informasi ke negara-negara sahabat bahwa pihaknya serius membangun Papua dan Papua Barat.

"Bahkan, saya sampaikan bahwa untuk membangun Papua dan Papua Barat, itu telah mengurus banyak APBN agar Papua, Papua Barat ya atas rencana presiden untuk segera melengkapi infrastuktur yang ada di sana, segera tingkatkan kesejahteraan masyarakat sejajar dengan provinsi lain," ujarnya.

"Ya itu konon tahun kemarin aja gerus APBN Rp92 triliun, sedang pemasukan dari daerah ke pusat 28 triliun, berarti kan ada subsidi yang besar, mana mungkin menterlantarkan, tidak mungkin," ujar Wiranto.

Diwartakan sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengonfirmasi kebenaran adanya dalang dalam aksi unjuk rasa berujung kerusuhan di Papua, dia menyebut nama tokoh Papua, Benny Wenda.

"Ya jelas toh. Jelas Benny Wenda itu. Dia mobilisasi diplomatik, mobilisasi informasi yang missed, yang enggak benar. Itu yang dia lakukan di Australia, di Inggris-lah," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini