Share

Tewaskan 8 Orang, Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

CDB Yudistira, Okezone · Senin 02 September 2019 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 337 2099743 tewaskan-8-orang-begini-kronologi-kecelakaan-beruntun-di-tol-cipularang-klB0FDg2vE.jpg Polisi evakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang. (Ist)

BANDUNG – Kecelakaan maut yang terjadi di Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta melibatkan puluhan kendaraan, Senin (2/9/2019). Dalam peristiwa ini, delapan orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka.

Menurut Dirgakkum Korlantas Mabes Polri, Brigjen Pujiono Dulrachman, kecelakan beruntun yang terjadi pukul 12.30 WIB siang tadi, berawal dari kecelakaan tunggal yaitu dump truck yang terbalik jalur kanan.

"Kemudian, pas mau dievakuasi ada kendaraan yang mengantre, lima kendaraan di belakangnya. Kemudian ada dump truck lagi yang dari belakang muatan tanah hilang kendali karena remnya blong jadi nabrak waktu evakuasi itu," kata Puji saat dikonfirmasi, Senin (2/9/2019).

Kemudian dari belakang dump truck kedua, lanjut Pujiono, ada 15 kendaraan yang tidak dapat menghindari truk tersebut.

"Jadi tabrakan beruntun posisinya bisa lihat di TKP (tempat kejadian perkara-red), ada terbakar lima kendaraan," ucapnya.

Dalam kejadian ini, Puji mengatakan, selain delapan korban meninggal dunia, ada pula korban luka berat dan ringan yang kini tengah mendapatkan penanganan medis.

"Sekarang sedang dibawa ke rumah sakit yang lebih dekat, kalau alat memadai. Kalau (alatnya-red) tidak (memadai-red), ya dibawa ke rs yang lebih besar lagi," katanya.


Sekadar diketahui, kecelakaan beruntun melibatkan 20 kendaraan terjadi di ruas Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta, pada Senin (2/9/2019) siang. Dalam kecelakaan tersebut, setidaknya ada 5 mobil terbakar.

Akibat kecelakaan beruntun itu, 8 orang dinyatakan tewas, 4 luka berat, dan 28 luka ringan. Korban luka ringan dievakuasi di 3 rumah sakit, yaitu Siloam, Bayu Asih, dan Thamrin.

Korban Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang Dibawa Ke RSU MH Thmarin Purwakarta (foto: Okezone.com/Mulyana)

Petugas langsung menangani kecelakaan tersebut. Kendaraan yang mengalami kecelakaan langsung dievakuasi. Begitu juga dengan para korban.


Baca Juga : Kecelakaan Tol Cipularang, Polisi Kantongi Identitas Sopir Truk yang Kabur

Proses evakuasi sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi kejadian tersebut. Saat itu, untuk mengurai kemacetan, diterapkan rekayasa lalu lintas dan contraflow. Pengendara dari Bandung, Jawa Barat, yang hendak bepergian ke Jakarta juga sempat diimbau untuk melewati jalur alternatif imbas kecelakaan beruntun tersebut.


Baca Juga : Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini