Tersangka Pengibar Bendera Bintang Kejora di Istana Jadi 6 Orang, 2 Dilepaskan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 02 September 2019 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 337 2099702 polisi-tetapkan-6-tersangka-pengibaran-bendera-bintang-kejora-di-istana-rgbyfoo8Pd.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo (foto: Okezone)

JAKARTA - Polda Metro Jaya memulangkan dua orang yang ditangkap terkait kasus dugaan pengibaran bendera bintang kejora di Istana Negara. Sehingga, total tersangka saat ini, berjumlah enam orang. Sebelumnya, polisi telah menetapkan delapan orang sebagai tersangka.

“Total ada enam orang yang ditersangkakan, yang dua dipulangkan,” kata Argo kepada wartawan, Senin (2/9/2019).

 Baca juga: Pemerintah Batasi Orang Asing Masuk ke Papua

Bendera Bintang Kejora

Argo mengungkapkan, keenam tersangka diduga melanggar Pasal 106 dan Pasal 110 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Saat ini para tersangka ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

“Saat ini keenamnya diamankan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok,” ujar Argo.

 Baca juga: Moeldoko Serahkan Informasi Terkait Papua ke Wiranto

Dalam Pasal 106 menyatakan, makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian wilayah negara dari yang lain, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun.

Sedangkan Pasal 110 berbunyi, pemufakatan jahat untuk melakukan kejahatan menurut pasal 104, 106, 107, dan 108 diancam berdasarkan ancaman pidana dalam pasal-pasal tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini