Soal Papua, Haedar Nashir : Semangat Muhammadiyah Integrasi Nasional & Pluralitas

Avirista Midaada, Okezone · Senin 02 September 2019 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 337 2099676 soal-papua-haedar-nashir-semangat-muhammadiyah-integrasi-nasional-pluralitas-7JaNDGGABP.jpg Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dok. Okezone)

MALANG - Ketua Umum (Ketum) PP Muhammadiyah Haedar Nashir mendukung upaya keutuhan integrasi di Indonesia, termasuk di Papua yang menjadi satu kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Haedar, semangat Muhammadiyah di manapun mendukung upaya integrasi nasional dan pluralitas di Papua dan seluruh wilayah Indonesia.

"Semangat Muhammadiyah adalah semangat integrasi nasional, semangat integrasi sosial, dan semangat pluralitas yang produktif," ucap Haedar Nashir saat memberikan kuliah tamu di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (2/9/2019).

Kondisi di Papua

Ia pun menyatakan Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi masyarakat terbesar di Indonesia, turut andil bagian membangun Papua dari segi pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Tokoh-tokoh Muhammadiyah sudah berintegrasi dan menjadi bagian yang menyatu dengan masyarakat dan pemerintahan di Papua. Baik di Papua dan Papua Barat, kami punya tempat untuk usaha pemberdayaan masyarakat Suku Kokoda di Kabupaten Sorong, Pulau Ara, sampai ke kawasan Merauke," tuturnya.

Baca Juga : Moeldoko Serahkan Informasi Terkait Papua ke Wiranto

Baca Juga : Korban Tewas Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang Bertambah Jadi 9 Orang

Dirinya juga menyebut selain berperan menggaungkan perdamaian, Muhammadiyah juga berperan memajukan sektor-sektor ekonomi dan pendidikan yang ada di bumi Cendrawasih. Namun bilamana terjadi gejolak-gejolak sosial di Papua, meminta seluruh pihak untuk bersama-sama mencari solusi.

"Bahwa seluruh kekuatan bangsa selain hidup damai juga terus saling memajukan kita susah berperan. Maka kalau ada gejolak, mari semua kekuatan nasional maupun lokal untuk berada dalam posisi mencari solusi dan saya percaya kita punya solusi itu," tukasnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini