nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muhammadiyah Percaya Warga Papua Ingin Damai

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 02 September 2019 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 02 337 2099601 muhammadiyah-percaya-warga-papua-ingin-damai-j9uWUu8Xgx.jpg Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Okezone.com/Avirista)

MALANG - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menganggap konflik di Papua jadi ujian dari keutuhan NKRI dan mengacu pada sejarah Indonesia bisa mengatasinya.

Hal tersebut disampaikannya usai berikan kuliah tamu dalam pembukaan Pengenalan Kehidupan Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (2/9/2019).

"Bangsa ini cukup matang dari pengalaman sejarah di Papua, Aceh, Poso, Maluku Ambon, dijadikan itu pelajaran untuk mengambil peran yang integratif," ungkapnya.

Kondisi di Papua

Ia percaya dengan apa yang dilakukan pemerintah dan aparat keamanan TNI Polri untuk pemulihan kondisi keamanan di Papua.

"Saya percaya semua kekuatan pemerintah TNI Polri kemudian Pemda, dan kekuatan masyarakat bisa bersama-sama mencari solusi untuk Papua," bebernya.

Haedar juga percaya di lubuk hati masyarakat Papua baik penduduk asli maupun pendatang, menginginkan situasi yang damai dan kondusif tanpa ada konflik-konflik yang terjadi.

"Saya percaya masyarakat di Papua ingin damai dan ingin hidup bersama dengan seluruh warga bangsa, kalau ada letupan itu kita selesaikan dengan cara seksama," tuturnya.

Baca Juga : Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, 6 Orang Tewas

Baca Juga : 4 Warga Australia Dideportasi Diduga karena Ikut Demo di Papua

Namun ia mengingatkan pemerintah untuk tidak instan menangani permasalahan konflik di Papua. Bila perlu permasalahan Papua ini menjadi bahasan khusus dan ditangani dengan kesungguhan.

"Tidak bisa untuk instan. Jadi melihat ada kesungguhan dari pemerintah TNI Polri dan juga Pemda, tapi mungkin perlu ada intensitas yang lebih tinggi lagi untuk secara fokus menyelesaikan Papua," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini