Istana: Benny Wenda Dalang Unjuk Rasa Berujung Rusuh di Papua

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 02 September 2019 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 337 2099548 istana-benny-wenda-dalang-unjuk-rasa-berujung-rusuh-di-papua-WRGYSGNcoS.jpg Benny Wenda. (Foto: Oxford City Council)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengkonfirmasi kebenaran adanya dalang dalam aksi unjuk rasa berujung kerusuhan di Papua, dia menyebut nama tokoh Papua, Benny Wenda.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah menyatakan adanya pihak asing yang ‘bermain’ dalam serangkaian kerusuhan di Papua. Benny saat ini tinggal di Inggris diduga telah melakukan gerakan politik dari luar negeri.

"Ya jelas toh. Jelas Benny Wenda itu. Dia mobilisasi diplomatik, mobilisasi informasi yang missed, yang enggak bener. Itu yang dia lakukan di Australia, di Inggris-lah," ujar Moeldoko di Komplek Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (2/8/2019).

Moeldoko menjelaskan, peristiwa kerusuhan di Papua merupakan persoalan politik yang tak bisa diselesaikan dengan pendekatan militer.

Foto: Chanry

"Ini persoalan politik ya. Ini persoalan politik harus diatasi dengan pendekatan politik, enggak bisa dengan pendekatan militer. Ini juga lebih politik karena dia bergerak di front politik," ucap Moeldoko.

Moeldoko tak menampik bahwa tidak menutup kemungkinan pemerintah akan berkoordinasi dengan otoritas Inggris guna menyelesaikan persoalan di Buni Cenderawasih. Apalagi, Benny Wenda disinyalir menetap di sana.

"Itulah seperti diplomasi. Pastilah dilakukan," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini