nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keputusan Jokowi Dinilai Sudah Tepat dalam Menyelesaikan Masalah Papua

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 02 September 2019 09:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 337 2099446 keputusan-jokowi-dinilai-sudah-tepat-dalam-menyelesaikan-masalah-papua-bCjmArUzCg.jpg Aksi damai mahasiswa Papua di Jakarta. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Supiadin Aries Saputra menyebut langkah pemerintah sudah tepat dalam menangani persoalan di Provinsi Papua dan Papua Barat yang belakangan bergejolak.

Menurut dia, pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo telah mengkaji dan mengetahui langkah apa yang harus diambil.

Baca juga: Kronologi Penangkapan 8 Orang Papua Terkait Pengibaran Bintang Kejora di Depan Istana 

"Keputusan Presiden agar penyelesaian masalah Papua dilakukan dengan persuasif, sudah benar. Dengan konsep persuasif di dalamnya tentu ada pendekatan hukum, pendekatan kultur, dan komunikasi dengan semua pihak," ungkap Supiadin ketika berbincang dengan Okezone, Senin (2/9/2019).

Presiden Jokowi. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Dalam menangani persoalan di Papua, lanjut dia, tentu pemerintah tidak sembarangan, sehingga pendekatan yang dilakukan secara kontekstual sesuai situasi yang dihadapi dengan tujuan agar masalahnya bisa cepat selesai.

Baca juga: 5 Kelurahan di Jayapura Porak Poranda Akibat Kerusuhan, Ini Inventarisasi Kerusakannya 

Di samping itu, sambung Supiadin, selama ini pemerintah juga sudah secara rutin melakukan kajian dan dialog dengan masyarakat Papua. Maka itu, ia meminta pejabat di daerah melakukan hal yang sama dengan pemerintah pusat agar tercipta suasana baik.

"Kalau saya lihat kinerja Presiden Joko Widodo, Beliau sangat intensif melakukan dialog dengan masyarakat Papua, dan merupakan presiden yang paling sering berkunjung ke Papua dibanding presiden-presiden sebelumnya," ungkap Supiadin.

Kondisi pasca-kerusuhan di Jayapura, Papua. (Foto: Chanry Andrew S/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini