Lokasi Penahanan 8 Tersangka Pengibaran Bendera Bintang Kejora Dirahasiakan

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 01 September 2019 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 01 337 2099250 lokasi-penahanan-8-tersangka-pengibaran-bendera-bintang-kejora-dirahasiakan-2HsYLXiFDk.jpg Kabid Humas Polda Metro Kombes Argo Yuwono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polda Metro Jaya melakukan penahanan terhadap delapan orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pengibaran bendera bintang kejora di Istana Negara.

Namun, polisi merahasiakan lokasi penahanan dari delapan tersangka tersebut. Aparat juga tak menjelaskan apa alasan lokasi penahanan itu tak diungkap ke publik.

"Kantor polisi di mana saja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Bendera Bintang Kejora berkibar di depan Istana Merdeka (Foto: Okezone/Achmad)

Saat ditanyakan apakah delapan tersangka itu ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Argo tak menjawab secara pasti. Menurutnya, penahanan itu bisa dilakukan dimanapun selama itu merupakan wilayah hukum (wilkum) Polda Metro Jaya.

"Tidak di Polda saja, di Polsek pun bisa, di Polres bisa, di Brimob juga bisa," tutur Argo.

Sekelompok massa yang berasal dari Papua kemarin sempat menyambangi Polda Metro Jaya. Mereka berkumpul di gerbang untuk menanyakan kejelasan soal adanya kabar penangkapan kawannya.

Argo menambahkan, sejauh ini ke-delapan tersangka itu terancam melanggar Pasal 106 dan 110 KUHP yang mengatur soal kasus dugaan makar. "Intinya ada kaitannya dengan keamanan negara, ada Pasal yang ada di KUHP ada Pasal 106 dan 110," ujar Argo.

Dalam Pasal 106 menyatakan bahwa, makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian wilayah negara dari yang lain, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu paling lama dua puluh tahun.

Baca Juga: Bendera Bintang Kejora Berkibar, Wiranto : Pasti Ada Hukumannya!

Baca Juga: Freddy Numberi : Bintang Kejora Bukan Bendera Negara

Baca Juga: 8 Orang Jadi Tersangka Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Istana

Sedangkan Pasal 110 berbunyi, pemufakatan jahat untuk melakukan kejahatan menurut pasal 104, 106, 107, dan 108 diancam berdasarkan ancaman pidana dalam pasal-pasaltersebut.

Argo menambahkan, saat ini pihaknya masih terus melakukan pendalaman terhadap masing-masing peran dari kedelapan tersangka tersebut.

"Tentunya penyidik masih dalam pendalaman, masih memeriksa orang yang kami amankan," tutup Argo.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini