nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hashim Janji Bantu Bangun Waduk di Lahan Ibu Kota Baru

Amir Sarifudin , Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 10:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 31 337 2098911 hashim-janji-bantu-bangun-waduk-di-lahan-ibu-kota-baru-fS2WFXVdpo.jpg Gubernur Kaltim, Isran Noor di Istana Negara (foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

BALIKPAPAN- Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor memastikan, kebutuhan air baku untuk Ibu Kota Negara yang baru mencukupi. Karena sejumlah daerah di Kaltim memiliki sungai maupun waduk yang dianggap cukup untuk mensuplay air baku.

“Kalau air enggak masalah, kita kalau dari hasil kajian Kementerian PUPR kita air cukup lebih, ada banyak sumber air baku,” ujar Isran.

Baca Juga: Keluarga Hashim Djojohadikusumo Kelola 220 Ribu Hektar Lahan di Ibu Kota Baru 

Bahkan, mantan Bupati Kutai Timur itu mengungkapkan, pengusaha yang juga politisi Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo akan membangun waduk yang kapasitasnya cukup besar, karena mencapai 10 ribu liter per detik.

“Nanti akan dibangun oleh Pak Hasim itu akan dibangun Waduk berkapsitas antara 7 ribu sampai 10 ribu liter per detik,” ujarnya.

Ibu kota baru Kalimantan Timur. (Foto: Twitter @jokowi)	 

Mantan Ketua Demokrat Kaltim itu menuturkan, Ibu Kota Negara baru tidak akan menggunakan air tanah seperti di Jakarta. Karena menggunakan air tanah akan berdampak negatif, yakni turunnya setiap tahun tanah di Jakarta hingga 4 cm.

“Ya sumber air baku kita ada sungai Mahakam, ada Sungai Wain, ada Waduk Manggar, ada Waduk Samboja, banyak untungnya di sini enggak ada air tanah. Kenapa itu jadi untung, karena kalau air tanah digunakan orang, kan seperti akan terjadi di Jakarta setiap tahun turun 4 cm kalau enggak salah hasil penelitian. Artinya kalau sampai 100 tahun itu 4 meter,” ucapnya.

Baca Juga: Gerindra Akui Adik Prabowo Punya Lahan 50 Ribu Hektare di Lokasi Ibu Kota Baru

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini