Share

Freddy Numberi : Bintang Kejora Bukan Bendera Negara

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 30 Agustus 2019 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 30 337 2098734 freddy-numberi-bintang-kejora-bukan-bendera-negara-wzJ0KTRwLy.jpg Freddy Numberi (Kedua dari kiri) menjelaskan Bendera Bintang Kejora bukan bendera negara (Foto: Okezone.com/Fadel)

JAKARTA - Tokoh Papua, Freddy Numberi menyebut bendera berlambang Bintang Kejora yang kerap dibawa oleh sejumlah masyarakat asal Papua saat melakukan unjuk rasa bukan bendera negara.

Ia menjelaskan, bendera itu merupakan bendera budaya saat masa kolonial Belanda.

"Orang selama ini melihat bahwa bendera itu bendera negara, bukan. Bukan bendera negara itu! Itu adalah bendera sebutanya bendera budaya. Itu mimpi," kata Freddy di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Bendera Bintang Kejora berkibar di depan Istana Merdeka (Foto: Okezone/Achmad)

Ia menuturkan, kemunculan bendera itu jelas tertuang ada di dalam asal-usul sejarah Bumi Cendrawasih. Karena itu, dirinya mengimbau seluruh pihak agar membaca kembali sejarah Indonesia.

"Sejarah Indonesia harus kita pahami dengan benar," ujarnya.

Baca Juga: Wiranto : Enggak Usah Disuruh, Jokowi Pasti ke Papua

Baca Juga: 329 Prajurit Kostrad dan Marinir Dikirim ke Jayapura Pasca-Kerusuhan

Mantan Menteri Perhubungan dan Menteri Kelautan dan Perikanan itu meminta kepada masyarakat Papua untuk tak terpancing hasutan-hasutan busuk dari oknum tak bertanggungjawab yang ingin melepaskan Papua dari Indonesia.

"Jadi saya imbau kepada adik-adik saya, kalau ada masalah komunikasi sampaikan dengan baik. Kami senior akan siap membantu, membimbing ke arah yang benar karena kita yakin mana kala kita membangun dengan baik, saling merangkul dari Merauke sampai Aceh sebagai bangsa yang baik, saya yakin bangsa ini akan makmur," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini