Menkumham: Lapas Abepura Dibakar, 4 Napi Kabur

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 30 Agustus 2019 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 30 337 2098616 menkumham-lapas-abepura-dibakar-4-napi-kabur-8Ti1xNVpWQ.jpg Menkumham Yasonna Laoly (foto: Okezone.com/Putra RA)

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan, empat narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura melarikan diri saat terjadi peristiwa demonstrasi yang berujung kericuhan di Jayapura, Papua.

Yasonna menuturkan, dalam peristiwa itu juga terjadi insiden pembakaran dapur di dalam lapas sehingga empat warga binaan melarikan diri.

Baca Juga: Pasca-Demo, Sekolah di Jayapura Libur dan SPBU Ditutup 

Ilustrasi (foto: Shutterstock)

"Itu yang kita sesalkan, kami di Lapas Abepura juga ada sedikit insiden. Dapur dibakar, ada empat melarikan diri," kata Yasonna di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Yasonna mengaku, sudah memerintahkan Kepala Kanwil Kemenkumham Papua dan Papua Barat untuk terus siaga dan jangan terprovokasi agar situasi di sana tetap kondusif.

"Jangan terprovokasi dan jangan memprovokasi supaya tetap tenang dan berupaya juga melakukan dialog, menemui tokoh masyarakat untuk dapat merajut kembali bersama-sama sebagai anak bangsa dalam membangun Papua," tutur Yasonna.

Sejurus dengan itu, Ketua DPP PDI Perjuangan itu juga mengimbau kepada masyarakat di Papua tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkis. Yasonna juga berpesan kepada TN/Polri untuk menahan diri.

"Pemerintah akan bekerja keras untuk mencari solusi-solusi yang baik ya, ada akan dialog-dialog yang baik tentang menangani masalah ini," ucapnya.

Baca Juga: Kepala BSSN Imbau Masyarakat Papua Tak Termakan Hoaks


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini