nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Warga Dirikan "Monas" di Tengah Hutan Lebat Kalimantan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 09:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 30 337 2098454 viral-video-warga-dirikan-monas-di-tengah-hutan-lebat-kalimantan-QPPhRh9cAi.JPG Replika Monas yang didirikan warga Kaltim (Foto: Instagram/@makassar_iinfo)

JAKARTA - Sebuah video menampilkan warga beramai-ramai mendirikan bangunan tugu mirip Monumen Nasional (Monas) viral di media sosial. Video itu lantas membuat geli warganet yang melihatnya.

Dalam video berdurasi singkat yang diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Jumat (30/8/2019), terlihat beberapa pria dewasa bahu-membahu mendirikan tugu mirip Monas berwarna putih di pinggir jalan kecil yang kanan-kirinya dikelilingi lahan perkebunan.

Mereka menggunakan tali tambang yang diikat pada beberapa sisi tugu tersebut. Beberapa orang lalu menariknya hingga replika Monas itu akhirnya tegak berdiri di tengah hutan lebat Kalimantan.

"Perlahan tapi pasti (emoji tertawa)," tulis akun @makassar_iinfo dalam keterangan video.

"Alhamdulillah Monas sudah sampai di Kaltim dan berhasil didirikan. Monas tersebut terlihat mengurus akibat perjalanan menuju Kaltim," bunyi guyonan yang menyertai video.

Menurut informasi yang diperoleh, aksi kreatif itu dilakukan oleh warga Desa Suka Maju Separi Besar, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Replika Monas di Kaltim

Warga setempat memang sengaja membuat replika ikon Kota Jakarta, yakni Monas sebagai simbol ibu kota negara telah pindah ke wilayah mereka. Miniatur Monas itu disebutkan berbahan dasar kayu ulin berukuran besar, yang diukir sedemikian rupa mendekati bentuk aslinya.

Video tersebut kemudian mengundang beragam tanggapan dari warganet.

"Saya kaget beneran donk, kirain Monas pindah beneran," tulis akun Instagram @anna_anna_1906.

"Silakan pindah, tapi mohon hutan tetap aman, dan jaga orangutan kita. Jangan jadikan apartemen dan sbgainya dan semoga tdk nambah ribuan orang asing yg kerja di Indonesia, smoga dgn adanya di sana makin bertambah lapangan kerja," tulis akun @istinurfatimah.

"Otw Kaltim liat Monas (emoji tertawa)," pengguna akun @mzdnrfni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini