nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wasekjen PAN : Pindah Ibu Kota Masih Obrolan Warung Kopi

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 20:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 29 337 2098315 wasekjen-pan-pindah-ibu-kota-masih-obrolan-warung-kopi-CNY5NyFvqD.jpg Wasekjen PAN Faldo Maldini (memegang mikrofon) mengatakan pemindahan Ibu Kota baru sekedar obrolan warung kopi (Foto: Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Faldo Maldini menyebut pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur baru yang ditetapkan pemerintah masih seperti obrolan warung kopi (warkop).

"Jadi, pindah Ibu Kota masih obrolan warung kopi saja," ucap Faldo saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).

Pasalnya, menurut Faldo, masih terdapat sejumlah tahapan yang belum dilakukan pemerintah untuk mewujudkan rencana strategis tersebut.

Peta Kutai Kartanegara (Foto: Kemen PU)

Di antaranya Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) di lokasi Ibu Kota yang baru saja, baru mau diselesaikan. Padahal, ketika Ibu Kota baru ditentukan, seharusnya tahapan-tahapan seperti itu sudah dirampungkan terlebih dulu.

"Yang namanya pindah Ibu Kota itu kan seharusnya di landasan hukumnya sudah clear dulu. Government, environment, law, terus dampak pemerintah daerahnya, dan banyak banget yang harus ditanya dan dijawab. Sayangnya kita belum dapat jawaban dari banyak pertanyaan itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Faldo pun sempat menyinggung mengenai Undang-Undang terkait penetapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota, layaknya Undang-Undang penetapan Jakarta sebagai Ibu Kota. "Kita coba keluarlah dari perdebatan setuju pindah atau enggak, tapi kan ini kita lagi bernegara, dan dalam bernegara itu ada aturan mainnya," ungkap Faldo.

Baca Juga: Soal Ibu Kota Pindah, Sandiaga: Santai Aja Bro

Karena itu, Faldo mengimbau agar pemerintah mampu terbuka dan memjabarkan kepada publik terkait seluruh tahapan pemindahan ibu kota. Karena menurutnya, masih banyak pertanyaan publik yang belum dijelaskan rinci oleh pemerintah.

"Soalnya ini hal-hal yang sangat ramai, dan banyak pertanyaan dari publik yang belum terjawab, dan pemerintah harus bisa menyampaikannya ke publik," tutupnya.

Seperti diketahui, Pesiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Ibu Kota akan dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Rencananya, Ibu Kota baru akan berlokasi di sebagian Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini