nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perpindahan Ibu Kota Jangan Sampai Mengulang Permasalahan di Jakarta

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 07:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 29 337 2097933 perpindahan-ibu-kota-jangan-sampai-mengulang-permasalahan-di-jakarta-tCgjC7VVtC.png Design ibu kota di Kaltim (Foto: dokumen PUPR)

JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidowi menekankan, rencana perpindahan Ibu Kota Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) jangan sampai mengulang permasalahan sosial seperti yang terjadi di DKI.

"Kota baru jangan sampai mengulang persoalan serupa yang melanda Jakarta seperti; macet, banjir, polusi, kepadatan," kata Awiek sapaannya kepada Okezone, Kamis (29/8/2019).

Menurut Awiek, pemerintah harus berupaya untuk menghapuskan dan menghindari permasalahan-permasalahan klasik yang terjadi ketika Ibu Kota nantinya dipindahkan ke Kaltim.

 Baca juga: Masyarakat Adat Penajam Paser Utara Gelar Syukuran atas Pemindahan Ibu Kota

Awiek menjelaskan, permasalahan itu bisa terulang terjadi apabila dilihat dari tipe masyarakat Indonesia yang gemar lebih mendekat dengan pusat Pemerintahan Indonesia.

"Karena tipikal masyarakat Indonesia biasanya mendekat kepada pusat aktivitas pemerintahan. Sehingga harus betul-betul ada pengendalian terhadap kawasan tersebut," ujar Awiek.

 Baca juga: Fadli Zon: Gedung DPR/MPR Ikut Pindah ke Ibu Kota Baru

Selain itu, Awiek menambahkan, tantangan selanjutnya yang harus disiapkan oleh pemerintah adalah bagaimana strategi untuk mengendalikan kepadatan penduduk.

"Selanjutnya harus dipikirkan di kota yang baru adalah tata ruang, serta pengendalian kepadatan penduduk," tutup Awiek.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini