nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKB Minta Pemerintah Terbuka soal Kepemilikan Lahan di Ibu Kota Baru

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 28 Agustus 2019 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 28 337 2097818 pkb-minta-pemerintah-terbuka-soal-kepemilikan-lahan-di-ibu-kota-baru-2eboRWcZOZ.jpg Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. (Foto : Dok Okezone.com)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memastikan ibu kota negara dipindahkan dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Usai diumumkan, muncul sejumlah kabar bahwa ada lahan di lokasi ibu kota baru yang ternyata dimiliki Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan adiknya, Hashim Djojohadikusomo.

Mengenai hal itu, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mendesak pemerintah terbuka soal kepemilikan lahan yang ada di ibu kota baru. Hal itu agar tak menimbulkan polemik di masyarakat.

“Jadi mulai hari ini dibuka saja, terbuka mulai perencanaannya, lahannya tidak ada yang ditutup-tutupi," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Jazilul mengaku tidak mengetahui persis lahan yang dimaksud dimiliki Prabowo dan Hashim tersebut. Ia juga tak mempermasalahkan kalau Prabowo maupun Hashim akan menyerahkan lahan miliknya untuk pembangunan ibu kota baru.

Desain Ibu Kota (Dok Kementerian PUPR)

"Ya memang kenapa kalau lahannya Pak Hashim diserahkan? Enggak ada masalah kan menjadi tanggung jawab. Yang bermasalah itu kan kalau ada kecurigaan bahwa ada kongkalikong. Artinya ada keuntungan kepada seorang tertentu. Ini kalau clear, enggak ada masalah, ya enggak ada soal, oke diputuskan oleh DPR juga kan," tuturnya.


Baca Juga : Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kaltim, Din Syamsuddin: Emang Gue Pikirin!

Sekadar diketahui, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo mengatakan adik kandung Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo memiliki lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, lokasi ibu kota baru RI. Partai Gerindra menyatakan jika dibutuhkan, Prabowo siap menyerahkan lahan itu ke negara.

"Pak Prabowo sudah menyampaikan kepada publik kepada kita semua kepada seluruh rakyat Indonesia mana kala diperlukan untuk kepentingan negara beliau akan siap untuk memberikan apapun yang beliau miliki,” kata Edhy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2019.


Baca Juga : Temui Jokowi, Ridwan Kamil Bahas Pembangunan Jabar hingga Ibu Kota Baru

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini